//

DURABILITAS CAMPURAN AC-WC DENGAN BUTON GRANULAR ASPHALT (BGA) DAN VARIASI PERSENTASE ABU CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Purnama Iswahyudi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada penelitian ini Buton Granular Asphalt (BGA) digunakan sebagai bahan substitusi untuk aspal modifikasi pada campuran laston lapis aus (AC-WC). BGA dirancang untuk dicampur dengan agregat panas, baik untuk campuran beraspal panas, hangat, atau untuk pekerjaan pengaspalan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan durabilitas campuran beraspal panas (Asphalt Concrete) tipe AC-WC yang menggunakan BGA sebagai bahan substitusi aspal serta penggunaan abu cangkang kelapa sawit (ACKS) sebagai filler dan difariasikan dengan semen portlan (PC) sebagai substitusi filler. ACKS memiliki berat jenis lebih besar dari aspal dan memiliki persamaan dengan fly ash. Tahapan awal penelitian ini adalah dengan melakukan pemeriksaan sifat-sifat fisis aspal dan agregat, selanjutnya dilakukan pembuatan benda uji dengan variasi kadar aspal pen. 60/70 untuk penentuan kadar aspal optimum (KAO) baik tanpa maupun dengan variasi persentase BGA sebesar 4% dan 8%. Setelah KAO dengan menggunakan BGA didapat kemudian KAO tersebut divariasikan menjadi KAO-0,5; KAO dan KAO+0,5 untuk mendapatkan KAO efektif. Selanjutnya dibuat benda uji pada KAO efektif dengan menggunakan filler ACKS dan PC masing-masing sebesar 50% dari berat total filler dengan metode Marshall lalu dilanjutkan dengan membuat benda uji menggunakan kombinasi filler 75% ACKS dan 25% PC dengan metode yang sama. Berdasarkan hasil penelitian nilai KAO yang didapatkan pada campuran AC-WC tanpa BGA dan ACKS diperoleh sebesar 5,31%, sedangkan nilai kadar aspal efektif dengan substitusi BGA dan ACKS efektif diperoleh ada kadar aspal 6,64%. Nilai durabilitas campuran AC-WC dengan substitusi 8% BGA pada filler kombinasi 50% ACKS dan 50% PC nilai durabilitasnya meningkat sebesar 3,16% dibandingkan dengan tanpa menggunakan BGA, dan menurun sebesar 18,94% jika dibandingkan dengan substitusi BGA 8% pada filler kombinasi 75% ACKS dan filler 25% PC. Kata kunci : Campuran AC-WC, Buton Granular Asphalt, Abu Cangkang Kelapa Sawit, Semen Portland, Filller

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN AC-WC DENGAN MENGGUNAKAN BUTON GRANULAR ASPHALT (BGA) DAN ABU CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI (Rahmadi, 2018)

DURABILITAS CAMPURAN ASPAL PORUS DENGAN BUTON GRANULAR ASPHALT SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DAN STYROFOAM SUBSTITUSI ASPAL PEN 60/70 (NABIILAH HANIIFAH, 2018)

PENGARUH PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK DAN ABU CANGKANG KELAPA SAWIT TEHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Muzammil, 2016)

PENGARUH SUBSTITUSI KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN. 60/70 SERTA PENGGUNAAN ABU CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI FILLER TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Roni Agusmaniza, 2016)

KARAKTERISTIK CAMPURAN AC-WC DENGAN BUTON GRANULAR ASPHALT (BGA) DAN VARIASI PERSENTASE ABU CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI (Muhammad Fauzan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy