PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS DALAM PENERAPAN STANDAR PATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS DALAM PENERAPAN STANDAR PATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDA ACEH


Pengarang

Sulistiana Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1412101010044

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : fakultas keperawatan universitas syiah kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTRIAN RISET, TEKHNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
18 Juli 2018

Xiv + VI BAB + 65 HALAMAN + 9 TABEL + 1 SKEMA + 17 LAMPIRAN
Sulistiana Putri
1412101010044

PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS DALAM PENERAPAN STANDAR PATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDA ACEH

ABSTRAK

Keselamatan pasien merupakan sistem pelayanan dalam suatu rumah sakit untuk memberikan asuhan pasien menjadi aman, termasuk didalamnya mengukur resiko, identifikasi dan pengelolahan resiko terhadap pasien analisa insiden, kemampuan untuk belajar dan menindak lanjuti insiden serta menerapkan solusi untuk mengurangi resiko. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa pendidikan profesi ners dalam penerapan standar patient safety di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan profesi ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dengan jumlah 125 dan penentuan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian, indikator standar patient safety yaitu hak pasien 68 (54,4%) responden mempersepsikan baik, indikator mendidik pasien dan keluarga 67 (53,6%) mempersepsikan kurang, indikator keselamatan pasien 75 (60.0 %) mempersepsikan kurang, indikator program keselamatan pasien 81 (64.8%) mempersepsikan kurang, indikator peran kepempinan dalam keselamatan pasien 69 (55.2%) responden mempersepsikan baik, indikator mendidik staff tentang keselamatan pasien 87 (69.6%) mempersepsikan kurang, indikator komunikasi 75 (60%) responden mempersepsikan kurang. Peneliti merekomendasikan kepada Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala untuk meningkatkan metode pembelajaran seperti survey, observasi atau diadakannya screening mengenai Patient Safety di mata kuliah manajemen atau mata kuliah patient safety.

Kata Kunci : Mahasiswa, Standar patient safety
Daftar Bacaan : 18 Buku, 13 sumber online, 6 skripsi (2000-2017)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK