//

PENGARUH KATIONISASI UNTUK MEREDUKSI INDEKS PLASTISITAS TANAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TEUKU JULLIS SYAMDIOFA - Personal Name
SubjectSOILS - ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Tanah lempung dari quarry Desa Meunasah Rayeuk Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat adalah material tanah yang sering digunakan untuk konstruksi infrastruktur jalan. Pada quarry ini, terdapat tiga jenis tanah berdasarkan perbedaan warna, yaitu lempung berwarna kuning, merah, dan abu-abu. Ketiga jenis tanah tersebut memiliki ciri-ciri tanah lempung ekspansif sehingga tidak cocok jika digunakan sebagai bahan tanah timbun untuk tanah dasar jalan. Sifat dasar tanah yang buruk dapat diperbaiki melalui stabilisasi tanah. Salah satunya dengan memanfaatkan reaksi kationisasi antara kapur padam Ca(OH)2 dengan partikel tanah lempung. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik sifat fisis dan mekanis tanah asli dan pengaruh kationisasi pada campuran tanah dan kapur terhadap indeks plastisitas tanah dan parameter kuat geser tanah. Pengujian dilakukan melalui uji mineralogi dan pengujian standar ASTM yang meliputi uji sifat fisis, pemadatan standar, dan kuat geser langsung. Variasi penambahan kapur adalah 0%, 3%, 6%, 9%, dan 12% dari berat kering tanah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan kapur dapat mereduksi indeks plastisitas tanah dan meningkatkan kuat geser tanah pada kadar tertentu. Pada pencampuran hingga 12% kapur, indeks plastisitas tanah lempung mengalami penurunan dari 33,54% menjadi 12,93% pada lempung kuning, dari 28,43% menjadi 11,12% pada lempung merah, dan dari 26,91% menjadi 16,76% pada lempung abu-abu. Indeks plastisitas setelah penambahan 12% kapur belum memenuhi syarat indeks plastisitas minimal, yaitu 11%. Kuat geser maksimum lempung kuning tercapai pada penambahan 3% kapur sedangkan untuk lempung merah dan abu-abu pada penambahan 6% kapur.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERILAKU NILAI CBR TANAH LEMPUNG EKSPANSIF UNTUK SUBGRADE JALAN RAYA(STUDI KASUS STABILISASI TANAH LEMPUNG GLEE GEUNTENGDENGAN KAPUR CA(OH)₂) (Syawal, 2016)

ANALISI PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP KUAT GESER (DIRECT SHEAR) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Desi Novita, 2017)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR KM 35 PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG (MUHAMMAD HAFIHZ H, 2017)

PENGUJIAN KEKUATAN GESER TANAH LERENG JALAN YANG SUDAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 41 (Muarief, 2017)

KAJIAN PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR TERHADAP KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT UJI DIRECT SHEAR (STUDI KASUS QUARRY DESA MEUNASAH RAYEUK KABUPATEN ACEH BARAT) (Suci Rahmaneta, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy