PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN MENAMBAHKAN 1% DAN 2% PARUTAN KARET BAN DALAM KENDARAAN RODA 4 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN MENAMBAHKAN 1% DAN 2% PARUTAN KARET BAN DALAM KENDARAAN RODA 4


Pengarang

Muhammad Amin - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404001010131

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kadar aspal optimum (KAO) menjadi persyaratan mutlak dalam setiap campuran lapis perkerasan beraspal. Pada sistem perkerasan lentur (flexible pavement) dipakai material aspal sebagai bahan pengikat agregat, salah satunya cara untuk meningkatkan kualitas aspal dan perkerasan lentur dapat dilakukan dengan penambahan parutan karet ban dalam. Penelitian ini bertujuan membandingkan KAO yang ditambahkan 1% dan 2% parutan karet ban dalam pada campuran (AC-WC) dan Portland cement sebagai filler. Tahapan awal pada penelitian ini yaitu mencari Kadar Aspal Optimum (KAO) dengan menambahkan langsung parutan karet ban dalam bekas kendaraan roda 4 (1%,2%) dan Portland semen (PC) sebagai filler terhadap berat campuran pada agregat. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan dari persentase parutan karet ban dalam kendaraan roda 4 dan Portland semen sebagai filler, mempengaruhi nilai parameter marshall, terutama VIM pada kadar aspal optimum (KAO) 5.55% dengan penambahan ban karet 2% yaitu 2.95% , dan pada kadar aspal optimum (KAO) 5.00% dengan penambahan ban karet 1% yaitu 5.10%. Nilai persentase pada KAO 5.00% dan 5.55% memiliki stabilitas tertinggi pada campuran 1% parutan karet pada kadar aspal 5.00% yaitu 1864.00 kg . Nilai flow lebih tinggi ada pada campuran 2% parutan karet pada kadar aspal 5.55% yaitu 3.46 mm. Nilai MQ lebih tinggi ada pada campuran 1% parutan karet pada kadar aspal 5.00% yaitu 660.00 Kg/mm. Nilai density lebih tinggi ada pada campuran 2% parutan ban pada kadar aspal 5.55% yaitu 2.50 gr/mm. Nilai VIM lebih tinggi ada pada campuran 1% parutan karet pada kadar aspal 5.00% yaitu 5.10%. Nilai VMA lebih tinggi ada pada campuran 1% parutan karet pada kadar aspal 5.55 % yaitu 17.92%. Nilai VFA lebih tinggi ada pada campuran 2% parutan karet pada kadar aspal 5.55% yaitu 88.98 %.

Kata Kunci : Kadar Aspal Optimum (KAO), Parutan Karet Ban Dalam Bekas, Portland Cement (PC).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK