//

KAPASITAS GAYA LATERAL DINDING DENGAN RC FRAME TERHADAP DINDING BATA PENUH DAN DINDING BATA DENGAN BUKAAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD HABIBIE - Personal Name

Abstrak/Catatan

Struktur portal beton bertulang dengan dinding bata (RC Frame With Brick Masonry Wall) sangat umum dijumpai pada pekerjaan konstruksi di Indonesia. Fungsi dinding adalah sebagai pembatas antar ruangan maupun pembatas ruangan dengan bagian tepi bangunan. Umumnya material pembentuk dinding itu sendiri adalah bata merah yang terbuat dari tanah liat (clay) yang dibakar. Pada kenyataannya di lapangan tidak selalu dinding bata digunakan secara penuh untuk satu bentangan portal karena biasanya digunakan untuk memasang kelengkapan bangunan seperti pintu, jendela dan sebagainya. Dalam perencanaan suatu bangunan, kekuatan dinding bata sendiri diabaikan dan hanya diperhitungkan sebagai beban mati. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis reduksi kapasitas gaya lateral akibat pengaruh bukaan dinding bata terhadap kekuatan struktur bangunan. Benda uji yang digunakan adalah portal dengan dinding bata yang diplaster di kedua sisinya ukuran (900×750×40) mm dengan variasi bukaan 0%, 25%, 40%, 50% dan 100% yang diuji dengan pemberian beban siklik lateral mengguanakan actuator hingga mencapai displacement rencana kemudian push over sampai hancur. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan didapat nilai reduksi kapasitas gaya lateral, untuk benda uji bukaan dinding 25% sebesar 5,59 tonf atau 42,9%, untuk benda uji bukaan dinding 40% sebesar 6,80 tonf atau 52,2%, untuk benda uji bukaan dinding 50% sebesar 6,27 tonf atau 48,1% dan untuk benda uji bukaan dinding 100% (portal tanpa dinding) sebesar 7,8 tonf atau 59,8% yang dibandingkan dengan benda uji bukaan 0% (RC Frame berdinding penuh).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KERUNTUHAN BANGUNAN TIPIKAL BETON BERTULANG BERDINDING BATA MERAH DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS PUSHOVER (SUATU PEMODELAN DENGAN MENGGUNAKAN PANJANG SENDI PLASTIS YANG BERBEDA) (Putri Ulvia Rahmah, 2016)

ALTERNATIF PERKUATAN DINDING UNTUK MENCEGAH KEHANCURAN BRITTLE (Mahlil, 2015)

PERILAKU LATERAL PORTAL BETON BERTULANG BERISI DINDING BATA MERAH DAN DINDING PRACETAK FERROFOAM CONCRETE (MUTIA INTAN SARI, 2017)

PENGARUH BUKAAN JENDELA PADA DINDING BATA TERHADAP KAPASITAS DAN KEKAKUAN PORTAL BAJA DALAM MENAHAN BEBAN LATERAL (Julia Maidar, 2016)

PENGARUH BUKAAN PINTU PADA DINDING BATA TERHADAP KAPASITAS DAN KEKAKUAN PORTAL BAJA DALAM MENAHAN BEBAN LATERAL (Nurul Hidayati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy