//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aisyah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pemecahan Masalah, Segitiga Salah satu materi matematika yang sulit dipahami siswa adalah materi segitiga, karena pada materi ini diperlukan kemampuan pemahaman yang tinggi dan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari serta siswa juga kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal segitiga dalam bentuk cerita. Maka untuk mengatasi hal tersebut dengan mengajarkan siswa metode pemecahan masalah dengan model pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa memecahkan masalah melalui model pembelajaran berdasarkan masalah dikelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan Pre-eksperimental design jenis pre-test and post-test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013 dan sampel diambil secara purposive sampling satu kelas dan diambil kelas VII-3 yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon. Data yang tercantum dalam penelitian ini diperoleh dari hasil jawaban siswa terhadap soal yang diberikan yang berbentuk essay. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah sebelum perlakuan diperoleh 21,52 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah sesudah perlakuan (post-test) diperoleh 32,78. Dengan demikian, kemampuan rata-rata siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013 dalam pemecahan masalah matematika telah mengalami peningkatan. Dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi segitiga.

Tempat Terbit Sebastopol, CA
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MANGGENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Aminah T, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy