//

ANALISA POSTUR KERJA BURUH ANGKUT PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOGRAMMETRIC METHOD (STUDI KASUS BURUH ANGKUT KARDUS AIR MINERAL CUP CLEO PT PINTOE ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reza Fahrizal - Personal Name
SubjectMACHINERY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ANALISA POSTUR KERJA BURUH ANGKUT PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOGRAMMETRIC METHOD (Studi Kasus: Buruh Angkut Kardus Air Mineral Cup Cleo PT Pintoe Aceh) ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada aktivitas loading kardus air mineral cup Cleo di PT Pintoe Aceh, Lampeunerut, Aceh Besar. Dengan sampel sebanyak 12 orang buruh angkut. Aktivitas loading yang diamati meliputi posisi hendak mengangkat, berjalan dan menaruh beban. Proses loading dilakukan secara manual dari gudang kedalam truk. Pekerjaan ini dilakukan secara terus-menerus dengan beban yang diangkut mencapai 48 kg dalam satu kali proses loading. Dalam satu kali proses loading para buruh angkut melakukan sebanyak 33 trip dengan waktu yang dibutuhkan untuk satu kali proses loading yaitu 20 detik. Dengan pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus dan beban yang diangkut cukup berat maka resiko musculokeletal disorders dapat saja dialami buruh angkut. Berdasarkan hasil pengamatan, maka diperlukan analisa terhadap postur kerja buruh angkut dengan menggunakan photogrammetric method. Hasil yang didapat setelah diteliti menunjukkan bahwa perhitungan momen gaya pada L5/S1 paling besar terjadi pada posisi hendak mengangkat beban yaitu 5.756,81 N, dimana ketetapan yang telah ditentukan NIOSH (National Occupational Health and Safety Commision) yaitu 3.400 N untuk batas angkat normal. Terdapat dua solusi perbaikan yaitu mengurangi beban angkut menjadi 24 kg dengan moment gaya pada L5/S1 yaitu 3.183,63 N ketika mengangkat, 2.035,94 N ketika berjalan dan 1.546,43 N ketika menaruh beban serta pemanfaatan troli barang. Kata Kunci : Musculokeletal Disorders, Nordic Body Map (NBM), Momen Gaya L5/SI, Photogrammetric Method

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PENGUKURAN BEBAN KERJA BURUH ANGKUT IKAN TERHADAP MUSCULOSKELETAL PADA MANUAL HANDLING (STUDI KASUS: PASAR IKAN PEUNAYONG, BANDA ACEH) (Ridha Maya Faza Lubis, 2018)

EVALUASI BEBAN KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA AKTIVITAS MANUAL HANDLING DI GUDANG BULOG SIRON (Lisa Jafia Sari, 2017)

PENGARUH KONDISI JALAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT BATUBARA DI PIT 1 DAN PIT 1 UTARA TAMBANG BANKO BARAT (Hardiyanti Miswar, 2018)

TINJAUAN TEKNIS KONDISI GEOMETRI JALAN ANGKUT DARI PIT ABC KE DISPOSAL BGG DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT PADA PT MANGGALA USAHA MANUNGGAL JOB SITE PT BANJARSARI PRIBUMI, DESA BANJARSARI, KABUPATEN LAHAT, SUMATERA SELATAN (NISA FARAZILLA, 2019)

PENENTUAN RUTE KENDARAAN MAJEMUK PENJEMPUTAN DAN PENGANTARAN SECARA SIMULTAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR (STUDI KASUS: PT. PINTOE ACE PRATAMA) (Arisman Vernando, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy