AKULTURASI BUDAYA SINGKIL DENGAN BUDAYA JAWA DI KECAMATAN SINGKIL UTARA KABUPATEN ACEH SINGKIL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

AKULTURASI BUDAYA SINGKIL DENGAN BUDAYA JAWA DI KECAMATAN SINGKIL UTARA KABUPATEN ACEH SINGKIL


Pengarang

Melianti Batubara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101010022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Batubara, Melianti. 2018. Akulturasi Budaya Singkil dengan Budaya Jawa di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil, Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

(1) Drs. M. Nasyir Basyah, M.Si (2) Dr. Sanusi, S.Pd.,M.Si
Kata kunci : Akulturasi Budaya, Etnis Singkil, Etnis Jawa
Penelitian ini tentang “Akulturasi Budaya Singkil dengan Budaya Jawa di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil” adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana interaksi antara etnis Singkil dan etnis Jawa (2) Bagaimana proses akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa (3) Bagaimana bentuk /wujud akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis interaksi etnis Singkil dan Jawa (2) Mendeskripsikan dan menganalisis proses akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa (3) Mendeskripsikan bentuk/wujud akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara. Lokasi penelitian di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Singkil Utara. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 18 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) interaksi masyarakat etnis Singkil dan etnis Jawa sudah berjalan dengan baik, mereka telah saling menyesuaikan diri dan hidup berdampingan dengan harmonis. sebuah bentuk interaksi yang mengarah pada interaksi asosiatif yang menyebabkan kedua etnis ini saling ketergantungan dan dari ketergantungan tersebut terjalinlah kerjasama (2) Proses akulturasi budaya Singkil dan Jawa yang pertama melalui dialek/bahasa yang ditandai dengan penggunaan bahasa Singkil oleh etnis Jawa dan sebaliknya, yang sengaja dilakukan untuk menyesuaikan diri. Yang kedua melalui budaya yaitu perkawinan campuran. Melalui perkawinan ini etnis Singkil dan Jawa saling mempelajari adat satu sama lain (3) Adapun wujud/bentuk akulturasi budaya Singkil dengan Jawa seperti tradisi makan jalan/self service, dan tradisi rewang. Saran dari penelitian ini adalah (1) Kepada masyarakat agar dapat melestarikan budaya dan adat istiadat Singkil (2) Kepada ketua adat/tokoh adat yang ada di kecamatan Singkil untuk lebih menegakkan kepastian hukum adat perkawinan (3) Kepada pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, untuk menjadi yang terdepan dalam mendukung, serta ikut menjaga eksistensi adat istiadat di Aceh Singkil. Kemudian agar sudi kiranya mengadakan seminar-seminar tentang budaya dan adat istiadat Singkil kepada masyarakat di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK