//

AKULTURASI BUDAYA SINGKIL DENGAN BUDAYA JAWA DI KECAMATAN SINGKIL UTARA KABUPATEN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Melianti Batubara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Batubara, Melianti. 2018. Akulturasi Budaya Singkil dengan Budaya Jawa di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil, Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. M. Nasyir Basyah, M.Si (2) Dr. Sanusi, S.Pd.,M.Si Kata kunci : Akulturasi Budaya, Etnis Singkil, Etnis Jawa Penelitian ini tentang “Akulturasi Budaya Singkil dengan Budaya Jawa di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil” adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana interaksi antara etnis Singkil dan etnis Jawa (2) Bagaimana proses akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa (3) Bagaimana bentuk /wujud akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis interaksi etnis Singkil dan Jawa (2) Mendeskripsikan dan menganalisis proses akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa (3) Mendeskripsikan bentuk/wujud akulturasi budaya Singkil dengan budaya Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara. Lokasi penelitian di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Singkil Utara. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 18 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) interaksi masyarakat etnis Singkil dan etnis Jawa sudah berjalan dengan baik, mereka telah saling menyesuaikan diri dan hidup berdampingan dengan harmonis. sebuah bentuk interaksi yang mengarah pada interaksi asosiatif yang menyebabkan kedua etnis ini saling ketergantungan dan dari ketergantungan tersebut terjalinlah kerjasama (2) Proses akulturasi budaya Singkil dan Jawa yang pertama melalui dialek/bahasa yang ditandai dengan penggunaan bahasa Singkil oleh etnis Jawa dan sebaliknya, yang sengaja dilakukan untuk menyesuaikan diri. Yang kedua melalui budaya yaitu perkawinan campuran. Melalui perkawinan ini etnis Singkil dan Jawa saling mempelajari adat satu sama lain (3) Adapun wujud/bentuk akulturasi budaya Singkil dengan Jawa seperti tradisi makan jalan/self service, dan tradisi rewang. Saran dari penelitian ini adalah (1) Kepada masyarakat agar dapat melestarikan budaya dan adat istiadat Singkil (2) Kepada ketua adat/tokoh adat yang ada di kecamatan Singkil untuk lebih menegakkan kepastian hukum adat perkawinan (3) Kepada pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, untuk menjadi yang terdepan dalam mendukung, serta ikut menjaga eksistensi adat istiadat di Aceh Singkil. Kemudian agar sudi kiranya mengadakan seminar-seminar tentang budaya dan adat istiadat Singkil kepada masyarakat di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUALITAS PERAIRAN BERDASARKAN PARAMETER LOGAM CU DAN CD PADA SEDIMEN DI SUNGAI SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Saidin Isnaini Anak Ampun, 2018)

HUBUNGAN LEBAR KARAPAS DAN BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) SERTA FAKTOR KONDISI DI PERAIRAN ACEH SINGKIL (Kasril, 2017)

MEMBANGUN WEBSITE MTQ KE XXXIII KABUPATEN ACEH SINGKIL MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) JOOMLA 3.4 (Fuad Aminurrazi, 2016)

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN JARING INSANG (GILL NET) DI KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (Yuli Yarni, 2017)

WACANA PEMEKARAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH SINGKIL ( STUDY KASUS PEMBENTUKAN KABUPATEN SINGKIL RAYA ) (RAHMAT HIDAYAT MUNANDAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy