PERANCANGAN RUSUNAWA MAHASISWA DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERANCANGAN RUSUNAWA MAHASISWA DI BANDA ACEH


Pengarang

AFRILATON AR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404104010063

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Arsitektur (S1) / PDDIKTI : 23201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
PERANCANGAN RUSUNAWA MAHASISWA DI BANDA ACEH
Oleh
AFRILATON AR
NIM : 1404104010063

Banda Aceh menjadi pusat pendidikan untuk masyarakat Aceh. Banyak siswa dan siswi dari dalam maupun luar Aceh melanjudkan pendidikannya ke perguruan tinggi yang ada di Banda Aceh, seperti Unsyiah dan UIN Ar-Raniry.Data mahasiswa menunjukan bahwa, jumlah seluruh mahasiswa yang diterima dari tahun 2014 sampai 2017 di Unsyiah dan UIN Ar-Raniry sebesar 36.548 mahasiswa dari dalam maupun dari luar Aceh.
Unsyiah dan UIN Ar-Raniry sebenarnya sudah menyediakan beberapa asrama untuk hunian mahasiswanya selama masa studinya, begitu juga asrama dari setiap kabupaten wajib menyediakan asrama mahasiswa sebagai fasilitas penunjang bagi mahasiswa yang kuliah di Banda Aceh, namun seluruh asrama tersebut hanya dapat menampung sebesar 12.231 mahasiswa, sehingga belum mampu menampung seluruh mahasiswa dari Unsyiah dan UIN-Raniry. Melihat peluang tersebut, maka pihak swasta atau developer berinisiarif untuk berinvestasi membangun rusunawa sebagai tempat tinggal mahasiswa di Banda Aceh.
Pada Perancangan ini telah disediakan Rusunawa Mahasiswa di Banda Aceh, dengan daya tamping 20% dari mahasiswa yang membutuhkan tempat tinggal. Rusunawa ini terdiri dari 8 blok dan masing – masing blok terdapat 168 unit kamar. Untuk jenis kamar terdapat 2 tipe yaitu; tipe yang dihuni 2 orang dan tipe yang dihuni 4 orang. Di Rusunawa Mahasiswa ini juga disediakan beberapa Fasilitas, seperti; mesjid, taman, lapangan olahraga, caffe shop, laundry, dan fasilitas penunjang lainnya.
Pendekatan desain pada perancangan Rusunawa Mahasiswa ini menggunakan tema Eko Arsitektur. Pemilihan terhadap tema ini bertujuan agar pembangunan Rusunawa Mahasiswa ini diharapkan dapat menjaga alam dan ekosistem didalamnya dari kerusakan, sehingga dapat terciptakan kenyamanan penghuninya secara fisik, sosial, dan ekonomi. Salah satu prinsip yang diterapkan yaitu : bekerjasama dengan iklim. Penerapan pada bangunan yaitu dengan penataan massa bangunan yang bisa memanfaatkan energy dengan memasukan pencahayaan alami dan mengalirkan penghawaan alami kedalam bangunan.
Kata Kunci : Rusunawa Mahasiswa, Eko Arsitektur, Banda Aceh

ABSTRACT
PERANCANGAN RUSUNAWA MAHASISWA DI BANDA ACEH
Oleh
AFRILATON AR
NIM : 1404104010063


Banda Aceh became the center of education for the people of Aceh. Many students and students from within and outside Aceh have been studying in universities in Banda Aceh, such as Unsyiah and UIN ArRaniry.Data students showed that, the total number of students received from 2014 to 2017 in Unsyiah and UIN Ar-Raniry of 36,548 students from within and from outside Aceh.
Unsyiah and UIN Ar-Raniry have provided several dormitories for their students' occupation during their studies, as well as dormitories from each district are required to provide student dormitories as supporting facilities for students studying in Banda Aceh, but the entire dormitory can only accommodate 12,231 students, so it has not been able to accommodate all students from Unsyiah and UIN-Raniry. Seeing these opportunities, then the private sector or developer berinisiarif to invest building rusunawa as student residence in Banda Aceh.
In this design has been provided Student Rental in Banda Aceh, with tamping power 20% of students who need shelter. This apartment consists of 8 blocks and each block contains 168 units of rooms. For the type of room there are two types namely; the type inhabited by two people and the type that is inhabited by people. In Rusunawa Student is also provided some Facilities, such as; mosque, park, sports field, caffe shop, laundry, and other supporting facilities.
Pendekatan desain pada perancangan Rusunawa Mahasiswa ini menggunakan tema Eko Arsitektur. Pemilihan terhadap tema ini bertujuan agar pembangunan Rusunawa Mahasiswa ini diharapkan dapat menjaga alam dan ekosistem didalamnya dari kerusakan, sehingga dapat terciptakan kenyamanan penghuninya secara fisik, sosial, dan ekonomi. Salah satu prinsip yang diterapkan yaitu : bekerjasama dengan iklim. Penerapan pada bangunan yaitu dengan penataan massa bangunan yang bisa memanfaatkan energy dengan memasukan pencahayaan alami dan mengalirkan penghawa alami kedalam bangunan.

Keywords : Rusunawa Mahasiswa, Eko Arsitektur, Banda Aceh

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK