EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM MAXILAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTSN MODEL BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM MAXILAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTSN MODEL BANDA ACEH


Pengarang

Akbar Maulana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101030060

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Maulana, Akbar. 2017. Efektivitas Penggunaan Program Maxilab Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTsN metode Banda Aceh. Pembimbing :
(1) Nana Suraiya, S.Pd M.Pd (2) Alfi Syahril Fuadi Jaya, S.Pd M.Si
Kata Kunci : Efektifitas, Program Maxilab, Minat belajar,.
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Program Maxilab Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTsN metode Banda Aceh”. Penelitian ini dilakukan pada MTsN metode Banda Aceh yang beralokasi di jalan Pocut Baren. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan, hasil belajar, dan minat belajar siswa dengan menggunakan program maxilab.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 dan VIII-9 yang terdiri dari 2 kelas di MTsN metode Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan siswa VIII-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 68 siswa di MTsN metode Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan test. Hasil penelitian diketahui bahwa dari data yang diperoleh dari lapangan, efektivitas program maxilab untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa tergolong besar. Hasil perhitungan efek dengan menggunakan rumus Cohen D yaitu sebesar 1,59. Berdasarkan kriteria yang diusulkan Cohen tentang besar kecilnya diketahui bahwa (d > 0,8), yang berarti efek besar. Ada perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan program maxilab dibandingkan menggunakan metode ceramah di Kelas VIII MTsN metode Banda Aceh . Hal ini ditunjukan dari hasl Uji t hasil belajar yang menunjukkan perbedaan siginifikan, nilai thitung = 4,266 > ttabel 1,998 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Meningkatnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan program maxilab dibandingkan menggunakan metode ceramah di Kelas VIII MTsN metode Banda Aceh . Hal ini ditunjukan dari hasl Uji t angket yang menunjukkan perbedaan siginifikan, nilai thitung = 4,041 > ttabel 2,007 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK