IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013


Pengarang

Wahyuni M. Yusuf - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200160068

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Wahyuni (2017). Implementasi Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013.
Pemerintah telah memberlakukan Kurikulum 2013 sebagai upaya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan perkembangan zaman. Upaya penerapan pendekatan saintifik/ilmiah dalam proses pembelajaran sering disebut-sebut sebagai ciri khas dan menjadi kekuatan tersendiri dari keberadaan Kurikulum 2013. Sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan scientific, tidak mudah untuk menerapkan dengan baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan scientific yang terdiri atas lima komponen yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas XI SMA Labschool. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar yang berlangsung dan hasil wawancara yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki aktivitas yang berbeda dalam setiap kegiatan. Masih terdapat komponen yang belum muncul dalam pembelajaran untuk ketiga subjek dan komponen yang muncul belum seluruhnya sesuai dengan deskripsi yang diharapkan dalam pendekatan scientific. Beberapa faktor yang menjadi penyebab antara lain yaitu: 1) Adanya kesulitan dalam menyiapkan objek atau fenomena menarik yang dapat memunculkan rasa ingin tau siswa. Hal ini menyebabkan kegiatan mengamati kurang optimal sehingga kurang meningkatkan rasa ingin tahu siswa. 2) Penggunaan waktu yang kurang efektif sehingga ada komponen yang terlewatkan. 3) Tingkatan kemampuan dan kepribadian subjek yang berbeda-beda.
Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Scientific, Pembelajaran Matematika, Kurikulum 2013.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK