PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP FUNGSI DAN KUALITAS TAMAN PUTROE PHANG DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP FUNGSI DAN KUALITAS TAMAN PUTROE PHANG DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Alifa Diansafira - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404104010044

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Arsitektur (S1) / PDDIKTI : 23201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP FUNGSI DAN KUALITAS TAMAN PUTROE PHANG DI KOTA BANDA ACEH


Nama : Alifa Diansafira
NIM : 1404104010044


ABSTRAK


Taman Putroe Phang merupakan taman yang terletak di pusat kota Banda Aceh, taman ini merupakan peninggalan sejarah yang sampai saat ini masih bisa dinikmati oleh masyarakat. Taman ini juga memiliki fungsi interaksi, fungsi lingkungan, fungsi pendidikan, fungsi rekreasi, dan juga fungsi hiburan. Fungsi interaksi dapat ditunjukan dengan saling berinteraksinya para pengunjung taman satu dan lainnya. Kondisi taman yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat pada hari-hari libur inilah pada akhirnya menimbulkan beberapa masalah pada fungsi terhadap kenyamanan dari taman tersebut, masalah-masalah yang timbul diantaranya taman ini tidak memiliki tempat ibadah yang layak dan masih kurangnya tempat-tempat sampah, ini membuat taman berserakan dengan sampah dan taman terlihat kotor. Keadaan ini membuat taman tidak nyaman sehingga akan menurunkan tingkat kualitas dari Taman Putroe Phang. Untuk mewujudkannya sebagai taman yang dapat dinikmati warga Banda Aceh, maka dilakukannya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi dan kualitas terhadap kenyaman pengguna pada taman Putroe Phang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Mixed Methode,yaitu kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan persepsi masyarakat terhadap fungsi taman Putroe Phang dan metode kualitatif bertujuan untuk mendapatkan kenyaman yang bersifat deskriptif dan menjelaskan bagaimana fungsi dari Taman Putroe Phang ini. Penelitian ini juga menggunakan data primer yaitu melalui observasi lapangan, selain itu juga menggunakan data primer diperoleh yaitu melalui observasi lapangan, wawancara dan kuesioner, dan untuk memperkuat digunakan pula data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Dan Keindahan Kota Banda Aceh. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi desain yang berguna untuk memenuhi kebutuhan fungsi dan kualitas dari taman. Rekomendasi desain ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ruang terbuka di taman Putroe Phang. Serta mampu memberikan hasil tentang fungsi dan kualitas kenyamanan taman kota sebagai ruang publik khususnya untuk Taman Putroe Phang dan untuk taman lain yang ada di kawasan perkotaan dan dituju kepada Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Dan Kebersihan dan Keindahan Kota di Kota Banda Aceh.

.

Kata Kunci: Kenyamanan, Ruang Publik, Taman Putroe Phang, Taman Kota.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK