//

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL INDOOR (STUDI KASUS: PASAR ACEH SHOPPING CENTRE, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rauzatul Zannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL INDOOR (Studi Kasus: Pasar Aceh Shopping Centre, Banda Aceh) Rauzatul Zannah 1404104010032 ABSTRAK Pasar Aceh Shopping Centre merupakan pasar yang menjual kebutuhan masyarakat seperti pakaian, sepatu, kosmetik dan aksesoris. Sebagai salah satu ruang publik, kenyamanan termal penting untuk diperhatikan agar pengguna merasa nyaman saat berada di area pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kenyamanan termal di dalam ruang Pasar Aceh Shopping Centre berdasarkan data hasil pengukuran dan kuesioner. Hasil penelitian akan dibandingkan dengan standar SNI 03-6572-2001. Kegiatan pengukuran pada variabel lingkungan terdiri atas temperatur udara (Ta), temperatur radiasi (Tr), kelembaban udara (Rh) dan kecepatan angin (v), sedangkan kegiatan kuisioner pada variabel personal terdiri atas aktivitas dan pakaian. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Heat Stress WBGT Meter dan Anemometer. Penelitian ini dilaksanakan pada lantai 1 dan lantai 2 di ruang Pasar Aceh Shopping Centre dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi di dalam ruang Pasar Aceh Shopping Centre tidak nyaman karena suhu rata-rata di dalam ruang berkisar antara 30,05◦C – 33,40◦C. Hasil perbandingan dengan SNI 03-6572-2001 menunjukkan bahwa suhu di ruang Pasar Aceh Shopping Centre tidak sesuai dengan SNI dimana nilai TE di dalam ruang lebih tinggi dari pada nilai yang ditetapkan SNI 03-6572-2001. Nilai TE di dalam ruang Pasar Aceh Shopping Centre berkisar antara 32,68◦C - 35,79◦C, sementara nilai TE yang ditetapkan SNI berkisar antara 20,5◦C -27,1◦C. Kata kunci: Pasar Aceh Shopping Centre, Kenyamanan termal, SNI 03-6572-2001

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR ATJEH SHOPPING CENTRE PADA KALANGAN MAHASISWA UNSYIAH (Maulidawati, 2017)

PERANCANGAN SHOPPING MALL DI BANDA ACEH TEMA : BREATHING ARCHITECTURE (ZUHRINA, 2018)

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG LUAR MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Kamila Bilqis, 2018)

SHOPPING CENTRE DAN HOTEL BINTANG TIGA DI BANDA ACEH (Aghnia Zahrah, 2016)

KAJIAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KENYAMANAN TERMAL PADA SUATU RUANGAN KERJA (Zulkifli, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy