//

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEROKOK DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmadini - Personal Name
SubjectPAIN-SYMPTOMS
SYMPTOMOLOGY

Abstrak/Catatan

Diperkirakan hampir semua orang pernah mengalami nyeri punggung bawah semasa hidupnya. Sekitar 15-20% orang yang berusia 45-65 tahun pernah mengalami nyeri punggung bawah. Banyak faktor resiko yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah salah satunya adalah merokok. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan desain Cross-sectional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan merokok dengan intensitas nyeri punggung bawah di Poliklinik Saraf RSUD dr. Zainoel Banda Aceh Tahun 2014. Pengambilan sampel dilakukan secara Accidental Sampling sebanyak 57 responden. Data diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan responden menggunakan Indeks Brinkman, dan Intensitas nyeri berdasarkan Visual Analog Scale (VAS). Distribusi frekuensi nyeri punggung bawah berdasarkan usia (46-60 tahun) sebesar 35.1 %. Distribusi frekuensi berdasarkan pekerjaan tertinggi terdapat pada kelompok Wiraswasta sebesar 59.6%.Distribusi frekuensi nyeri punggung bawah berdasarkan jenis nyeri punggung bawah adalah kronis sebesar 91.2%. Distribusi responden terbanyak menurut Derajat Berat Ringan Indeks Brinkman adalah perokok sedang sebesar 61.4%. Dan, distribusi terbanyak menurut skor VAS adalah nyeri berat sebesar 63.2%. Untuk mengetahui hubungan antara Kebiasaan merokok dengan indeks Brinkman dan intensitas nyeri punggung bawah (NPB) dengan skala VAS maka data dianalisis menggunakan metode bivariat yaitu uji Chi-Square dengan Confidence Interval 95% dan α 0.05. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji bivariat di dapatkan hasil nilai p=0.00. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan merokok dengan intensitas nyeri punggung bawah di Poliklinik Saraf RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2014. Semakin berat derajat merokok maka semakin berat nyeri punggung bawah-nya. Kata kunci : Nyeri Punggung Bawah (NPB), Merokok, Indeks Brinkman, Visual Analog Scale (VAS)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEKERJAAN DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Aminah, 2016)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH UNILATERAL DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS DAN INTENSITAS NYERI LUTUT KONTRALATERAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RISKA SANTI PUTRI, 2021)

HUBUNGAN PARITAS DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA (Bangkit Salam, 2017)

HUBUNGAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH (RAIHANAH FADHILLAH YULIANI, 2021)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (MUHIBBUL HADI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy