FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA KASUS PERCERAIAN DI KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS DI KOTA SIGLI) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA KASUS PERCERAIAN DI KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS DI KOTA SIGLI)


Pengarang

Cut Novi Maulanadewi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101010054

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Dewi, Maulana Novi Cut. 2017. Faktor Penyebab Meningkatnya Kasus Perceraian Di Kabupaten Pidie (Studi Kasus Di Kota Sigli). Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. M. Nasir Basyah, M.Si., (2) Hasbi Ali, S.Pd, M.Si
Kata Kunci: Faktor Penyebab, Perceraian
Penelitian ini membahas tentang: faktor penyebab meningkatnya kasus perceraian di Kabupaten Pidie (studi kasus di Kota Sigli). Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab meningkatnya kasus perceraian di Kota Sigli Kabupaten Pidie (2) Faktor mana yang mendominasi penyebab meningkatnya kasus perceraian di Kota Sigli Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk megetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab meningkatnya kasus perceraian di Kota Sigli Kabupaten Pidie, (2) Untuk mengetahui faktor yang mendominasi penyebab meningkatnya kasus perceraian di Kota Sigli Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Lokasi penelitian bertempat di Kota Sigli Kabupaten Pidie. Teknik analisis data kualitatif. Jumlah subjek penelitian seluruhnya 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan (1) Faktor-faktor yang menjadi penyebab meningkatnya kasus perceraian di Kota Sigli Kabupaten Pidie adalah faktor ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga, faktor ditinggal rantau, faktor perselingkuhan, faktor poligami dan faktor campur tangan keluarga. (2) Faktor yang mendominasi penyebab meningkatnya kasus perceraian di Kota Sigli Kabupaten Pidie adalah faktor ekonomi, faktor ekonomi yang membuat banyak istri melakukan gugat cerai terhadap suami. Disarankan (1) Kepada pemerintah, agar memberikan penyuluhan tentang perceraian guna menekan angka perceraian yang terjadi. (2) Kepada pasangan suami istri harusnya dapat lebih meningkatkan keimanannya, lebih memahami situasi yang terjadi dan sama-sama mengambil pelajaran dan mencari jalan keluar bersama.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK