//

GAMBARAN PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA RUANG TERHADAP FIVE MOMENT FOR HAND HYGIENE PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Viona Delinda - Personal Name
SubjectNURSING
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Hand hygiene merupakan salah satu faktor penting dalam melaksanakan pencegahan terjadinya infeksi di rumah sakit dan perawat harus melaksanakan five moment for hand hygiene karena perawat berinteraksi langsung dengan pasien selama 24 jam. Supervisi merupakan bagian dari fungsi directing (pengarahan), yang berperan untuk mempertahankan segala kegiatan yang telah diprogramkan untuk dilaksanakan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan supervisi kepala ruang terhadap five moment for hand hygiene perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif exploratif dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh perawat di ruang rawat inap sebanyak 313 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional sampling, sehingga diperoleh 84 responden dengan alat pengumpul data berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala ruang terhadap five moment for hand hygiene perawat pelaksana semua dalam kategori baik (94,0%). Persentase pelaksanaan supervisi kepala ruang dalam kategori baik terdiri dari teknik perencanaan (95,2%), pengarahan (98,8%), bimbingan (96,4%), motivasi (95,2%) dan evaluasi (94,0%), namun kategori kurang baik pada teknik observasi (88,1%). Rekomendasi untuk kepala ruang RSUDZA Banda Aceh hendaknya meningkatkan supervisi dengan teknik observasi terhadap pelaksanaan five moment for hand hygiene perawat pelaksana, karena pemantauan secara langsung maupun menggunakan lembar observasi dapat memastikan perawat melaksanakan hand hygiene sesuai dengan ketentuan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PERAWAT PELAKSANA TENTANG SUPERVISI LANGSUNG KEPALA RUANG DALAM PELAKSANAAN PENDOKUMENTASIAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAHDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (AINAL MARDHIAH,Amd.Kep, 2018)

HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Afsri Andayani, 2014)

GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)

GAMBARAN PROSES PENGEMBANGAN STAF PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Khairatul Uli, 2018)

GAMBARAN PELAKSANAAN METODE PENDIDIKAN KESEHATAN PADA DISCHARGE PLANNING OLEH PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2017 (Mislaini, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy