//

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KECEMASAN PASIEN YANG AKAN MENJALANI KATETERISASI JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVI AFRI YANI - Personal Name
SubjectHEART DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kateterisasi jantung merupakan salah satu pemeriksaan diagnostik untuk mengidentifikasi adanya sumbatan pada arteri koroner (coronary angiography). Prosedur invasif ini dapat menimbulkan kecemasan pada pasien. Hal tersebut disebabkan oleh karena kurangnya pemahaman terkait prosedur, adanya persepsi yang salah terhadap prosedur, serta ketakutan yang tidak dapat dideskripsikan. Salah satu metode untuk menurunkan kecemasan pada pasien adalah dengan pemberian pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kecemasan pasien yang akan menjalani kateterisasi jantung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan pre-test dan post-test nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah pasien penyakit jantung koroner yang akan menjalani prosedur kateterisasi jantung di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode convenience sampling dengan jumlah sampel 60 responden yang terbagi menjadi 30 responden kelompok intervensi dan 30 responden kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner STAI - State Anxiety Inventory Form Y-1. Hasil analisis statistik dengan paired t-test menunjukkan adanya perbedaan kecemasan yang bermakna antara pre test dan post test pada kelompok intervensi (p = 0,000). Uji independent t-test menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada nilai kecemasan post test di antara kedua kelompok (p = 0,020). Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kecemasan pasien yang akan menjalani kateterisasi jantung. Direkomendasikan kepada perawat ruangan agar dapat melaksanakan pendidikan kesehatan secara berkelanjutan pada setiap pasien yang akan dilakukan kateterisasi jantung.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN PASIEN YANG MENJALANI PROSEDUR KATETERISASI JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Andrija Rahmatika, 2014)

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KECEMASAN PASIEN YANG AKAN MENJALANI KATETERISASI JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (EVI AFRI YANI, 2018)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN YANG AKAN MENJALANI KATETERISASI JANTUNG DI BANDA ACEH 2013 (Puteri Insyirah Sukmana, 2014)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN ILLNESS ACCEPTANCE DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Arafah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy