HUBUNGAN GAMES ONLINE DENGAN PERKEMBANGANRNKOGNITIF ANAK USIA 10-11 TAHUN DI SEKOLAHRNDASAR NEGERI 56 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN GAMES ONLINE DENGAN PERKEMBANGANRNKOGNITIF ANAK USIA 10-11 TAHUN DI SEKOLAHRNDASAR NEGERI 56 BANDA ACEH


Pengarang

DIAN RAHMATIKA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040018

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

372

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: Games Online, Anak Usia 10-11 Tahun, Perkembangan
Kognitif


Penelitian ini berjudul : “ Hubungan Games Online Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 10-11 Tahun Di Sekolah Dasar Negeri 56 Banda Aceh”. Games online merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita saat ini, terutama anak usia sekolah. Banyak anak suka bermain games online, tetapi mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut bisa menimbulkan efek positif dan negatif baik secara langsung maupun tidak langsung bagi perkembangan kognitif; dalam hal ini perkembangan kognitif anak usia sekolah meliputi kemampuan klasifikasi, kemampuan konservasi, dan kemampuan penghilangan sifat egosentrisme. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan games online dengan perkembangan kognitif anak usia 10-11 tahun di Sekolah Dasar Negeri 56 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan games online terhadap perkembangan kognitif anak usia 10-11 tahun di Sekolah Dasar Negeri 56 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji analisis yang digunakan adalah korelasi Spearman. Hasil analisa data Sig. (2-tailed) 0,363 untuk kemampuan klasifikasi, Sig. (2-tailed) 0,230 untuk kemampuan konservasi, Sig. (2-tailed) 0,698 untuk kemampuan egosentrisme, dan Sig. (2-tailed) 0,046 untuk kemampuan kognitif, yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara games online dengan perkembangan kognitif anak usia 10-11 tahun di SD Negeri 56 Banda Aceh. Diharapkan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi seperti games online, orang tua, guru, dan masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai sarana yang edukatif bagi anak-anak.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK