//

HUBUNGAN FAKTOR SANITASI DAN SOSIODEMOGRAFI DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI GAMPONG BAET KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yoanda Rauza - Personal Name
SubjectCHILDREN
DIARRHEA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Faktor Sanitasi, Sosiodemografi, Diare, Balita. Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Hubungan Faktor Sanitasi Dan Sosiodemografi Dengan Kejadian Diare Pada Balita di Gampong Baet Kecamatan Baitusalam Aceh Besar” pada tanggal 22 Agustus 2013 sampai dengan 15 Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor sanitasi dengan kejadian diare pada balita dan untuk mengetahui hubungan faktor sosiodemorafi dengan kejadian diare pada balita di Gampong Baet Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang memiliki balita yang pernah menderita diare yaitu sebanyak 73 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data menggunakan rumus Korelasi Product moment dengan simpangan. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang sangat tinggi antara faktor sanitasi (r = 0.86) dengan kejadian diare pada balita di Gampong Baet kecamatan Baitussalam Aceh besar dan ada hubungan yang sangat tinggi antara faktor sosiodemografi dengan kejadian diare pada balita di Gampong Baet Kecamatan Baitussalam Aceh Besar (r = 1.00). Disarankan pada instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Keuchik Gampong Baet untuk melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap masyarakat di Gampong Baet Kecamatan Baitussalam Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR RISIKO TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI PUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Ummul Akla, 2015)

HUBUNGAN FAKTOR IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI DAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR (Hasanah Oktavia Eka Putri, 2019)

GAMBARAN MEMPERSIAPKAN SUSU FORMULA PADA ANAK USIA 6-24 BULAN YANG MENGALAMI DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN BAITUSSALAM TAHUN 2013 (Nurul husna, 2013)

FAKTOR RISIKO PENYEBAB DIARE PADA BALITA DI KECAMATAN COT GLIE ACEH BESAR (Nanda Yusrida Putra, 2014)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UPAYA PENCEGAHAN DIARE PADA BALITA DI PEMUKIMAN MALI KECAMATAN SAKTI KABUPATEN PIDIE TAHUN 2014 (Yunisa Fithra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy