//

PENGGUNAAN BAHASA PADA AKUN FACEBOOK MAHASISWA PBSI FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murdiana - Personal Name
SubjectLANGUAGE
YOUNG PEOPLE-SOCIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : penggunaan bahasa, mahasiswa, facebook, akronim, kata fatis Penelitian yang berjudul “Penggunaan Bahasa pada Akun Facebook Mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah” ini mengangkat masalah bagaimanakah penggunaan bahasa pada akun facebook mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah yang mencakup penggunaan elipsis, penggunaan bahasa asing dan bahasa daerah, penggunaan bahasa gaul, penyingkatan kata dan akronim, penambahan bunyi, penggunaan konjungsi dan preposisi, penggunaan kata fatis, penggunaan simbol (emoticons), penggunaan simbol matematika, dan penggunaan tanda baca. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa pada akun facebook mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah. Sumber data penelitian ini adalah status facebook dari 18 akun mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah angkatan 2011 dan 2012. Delapan belas orang mahasiswa ini berusia antara 20-23 tahun dan masing-masing memiliki satu akun facebook. Setiap akun ditetapkan 4 data. Jadi, keseluruhan yang dianalisis adalah 72 data. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkan diidentifikasi, diklasifikasi, dianalisis, dan disimpulkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Teknik ini diwujudkan melalui metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa pada akun facebook mahasiswa sangat bervariasi. Variasi tersebut dapat diperhatikan dari penggunaan bahasa yang meliputi penggunaan elipsis, penggunaan bahasa asing dan bahasa daerah, penggunaan bahasa gaul, penyingkatan kata dan akronim, penambahan bunyi, penggunaan kata fatis, penggunaan konjungsi dan preposisi, penggunaan simbol (emoticons), penggunaan simbol matematika, dan penggunaan tanda baca. Penggunaan bahasa tersebut dipengaruhi oleh faktor trend, kebiasaan, dan perkembangan zaman. Dengan demikian, lahirlah penggunaan bahasa yang dianggap keren, trendi, dan modern. Penggunaan bahasa pada akun facebook tidak memiliki pola tertentu dan bersifat manasuka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIKAP BERBAHASA ACEH MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Lena Safutri, 2017)

TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM BERKOMUNIKASI ANTARMAHASISWA PBSI FKIP UNSYIAH (Zuraida, 2015)

PRESUPOSISI DALAM TUTURAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNSYIAH (ANALISIS PRESUPOSISI FAKTIF, PRESUPOSISI NONFAKTIF, DAN PRESUPOSISI KONTERFAKTUAL) (Nina Eka Putri, 2016)

PRESUPOSISI DALAM TUTURAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNSYIAH (ANALISIS PRESUPOSISI EKSISTENSIAL, PRESUPOSISI LEKSIKAL, DAN PRESUPOSISI STRUKTURAL) (Qistina Ummah, 2016)

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DALAM PROPOSAL MAHASISWA PBSI TANGGAL 23 DESEMBER 2014 (NURFITRIANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy