//

RESTFUL WEB SERVICE UNTUK PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN PETERNAKAN AYAM BROILER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DARMAWANSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Usaha peternakan ayam merupakan salah satu usaha yang menjanjikan, karena permintaan terhadap ayam tiap tahunnya terus meningkat. Peningkatan permintaan terhadap ayam ini mengharuskan peternak untuk meningkatkan jumlah produksi dan efisiensi dalam mengelola peternakannya. Namun dalam proses pengelolaan peternakan ayam ternyata tidaklah mudah, karena harus dipantau secara intensif untuk hasil yang maksimal. Pemantauan intensif yang dilakukan diantaranya pengecekan tempat pakan, pengecekan tampungan air minum, suhu dan kelembaban. Pemantauan intensif dengan cara mengunjungi langsung ke lokasi peternakan sebagaimana yang dilakukan saat ini dapat mengurangi waktu produktif peternak. Dengan Internet of Things (IOT), berbagai sensor, berbagai aktuator, raspberry pi dan Restful Web Service maka pemantauan dan pengontrolan peternakan ayam dapat dilakukan secara intensif dimana dan kapan saja. Pada penelitian ini akan dibangun Restful Web Service dengan menggunakan layanan Google Cloud Platform App Engine. Kemudian dilakukan pengujian pada Restful Web Service yang dibangun dengan menggunakan metode Unit Testing, Blackbox Testing, implementasi pada prototipe sistem dan pengujian waktu pengiriman data. Dengan adanya Restful Web Service ini diharapkan dapat mempermudah pengembang lain, seperti pengembang hardware dan pengembang aplikasi mobile untuk menggunakan dan memanfaatkan Restful Web Service ini. Hasil dari penelitian ini adalah Restful Web Service pemantau dan pengendali peternakan ayam broiler secara jarak jauh dan real time. Kata kunci: Internet of Things (IOT), Peternakan Ayam, Wireless Sensor Network, Restful Web service, Precision Lifestock.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SEJARAH PERTERNAKAN AYAM BOILER DI KABUPATEN ACEH BESAR 1995-2016 (Mirza Saputra, 2018)

RISIKO PADA INDUSTRI PETERNAKAN AYAM BROILER DENGAN MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DAN VAR (VALUE AT RISK) (HERI TRI IRAWAN, 2019)

APLIKASI MOBILE ANDROID UNTUK PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN PETERNAKAN AYAM BROILER (Putra Nasri Syawaldi, 2019)

PENGENDALIAN INFECTIOUS CORYZA (SNOT) PADA AYAM BURAS (GALI, 2018)

MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN AYAM BROILER PARENT STOCK DI PT. EXPRAVET NASUBA MEDAN (Nurul Aqmal, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy