PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA


Pengarang

Sri Ulandari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103030022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Ulandari, Sri. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan
Saintifik Pada Materi Fluida Dinamis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd (2) Dr. A. Halim, M.Si
Kata Kunci: LKPD, saintifik, Fluida Dinamis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas dari LKPD Berbasis Pendekatan
Saintifik yang dilkembangkan, mendeskripsikan respon peserta didik terhadap Lembar
Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi fluida Dinamis. Penelitian
ini dilakukan di SMA Negeri Prisai Kutacane, Aceh Tenggara pada kelas XI IPA 1 yang
berjumlaah 36 orang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode R& D (Research and
Development) dengan model ADDIE yaitu tahap Analisis (Analysis), desain (design),
pengembangan (develop), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation).
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas LKPD, angket
respon peserta didik. Berdasarkan hasil validasi dari 1 orang ahli diperoleh kelayakan
LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi fluida Dinamis dengan kategori sangat
baik. Validasi angket respon peserta didik dengan kategori sangat baik. LKPD yang telah
valid kemudian diuji coba pada pesertadidik dan diperoleh hasil dengan kategori sangat
baik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dijelaskan bahwa dengan menerapkan
LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi Fluida Dinamis efektif digunakan dalam
pembelajaran. Melihat dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis
menyarankan penelitian selanjutnya mengenai pengembangan LKPD menggunakan
pendekatan sainstifik pada materi Fluida Dinamis ini perlu dilakukan penelitian lebih
lanjut disekolah yang berbeda.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK