//

GAMBARAN PEMBERIAN OBAT OLEH PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alya Nurul Mahfudhah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemberian obat merupakan salah satu prosedur yang paling sering dilakukan oleh perawat dengan menggunakan prinsip 7 benar yaitu benar pasien, benar obat, benar dosis, benar waktu, benar cara pemberian, benar dokumentasi dan benar informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian obat oleh perawat berdasarkan prinsip 7 benar di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 Mei sampai 21 Mei 2018. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 67 responden. Penelitian dilakukan dengan mengobservasi pemberian obat oleh perawat menggunakan format cheklist yang terdiri dari tujuh item. Metode analisis data menggunakan uji statistik univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pemberian obat oleh perawat berdasarkan benar pasien, benar obat, benar dosis, benar waktu, benar cara pemberian dan benar dokumentasi berada pada kategori baik (100%) serta gambaran pemberian obat oleh perawat berdasarkan benar informasi didapatkan hasil berada pada kategori baik (92,5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran pemberian obat oleh perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh berada pada katagori baik (92,5%). Direkomendasikan kepada perawat untuk dapat meningkatkan penerapan prinsip tujuh benar khususnya pada prinsip benar informasi sehingga pasien akan lebih mengerti tentang intervensi yang diberikan serta lebih puas dengan pelayanan rumah sakit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Putri Indah Mentari, 2016)

DIMENSI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Narawidya Safputri, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Abdul Halim, 2015)

GAMBARAN PELAKSANAAN PRINSIP KEAMANAN PEMBERIANRNKEMOTERAPI OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RUANGRNRAWAT INAP MAMPLAM III RUMAH SAKITRNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013 (Khalida ulfa Nst, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG FASE KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KETERAMPILAN DALAM PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH 2013 (CUT IRMA SUKRIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy