//

PENGARUH VARIASI RADIASI DAN SUHU TERHADAP PELACAKAN TITIK DAYA MAKSIMUM MODUL SURYA DENGAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI FAULIANUR - Personal Name
SubjectCOMPUTER ENGINEERING
PHOTOVOLTAIC CELLS
OPTIMIZATION - SYSTEMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Modul surya memiliki karakteristik arus dan tegangan yang tidak linear dimana terdapat suatu nilai daya yang maksimum. Karakteristik daya modul surya akan berubah tergantung tingkat radiasi dan suhu yang diterima pada permukaan modul. Selain itu karakteristik daya juga berubah pada saat modul mengalami gangguan shading yang menghasilkan beberapa puncak daya. Karena karakteristik daya yang berubah maka diperlukan sebuah metode pelacakan daya maksimum untuk menghindari energi yang hilang. Daya kerja titik maksimum dari sebuah modul surya dapat dilacak dengan metode Maximum Power Point Tracking (MPPT) . Ada beberapa metode MPPT yang populer diantaranya Perturb and Observe (P&O) dan Incremental Conductance (IC). Metode P&O dan IC memiliki kelemahan yaitu titik daya maksimum berosilasi disekitar titik kerja maksimumnya. Sedangkan metode IC lebih baik namun metode ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses pelacakan sehingga beban komputasi menjadi berat. Metode P&O juga gagal dalam melacak daya maksimum pada kondisi beberapa puncak daya. Metode MPPT mulai diteliti dengan metode seperti Grey Wolf Optimization (GWO). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh radiasi dan suhu terhadap kemampuan metode GWO dalam memperoleh titik daya maksimum modul surya pada kondisi normal dan shading. Metode GWO bekerja bersama boost converter untuk pelacakan daya maksimum. MPPT berbasis GWO diuji pada single modul surya crystalline silicon pada beberapa kondisi dengan software Matlab/Simulink. Hasil yang diperoleh metode GWO berhasil melacak daya maksimum dengan tepat dengan tingkat keakurasian rata-rata 99,40 % dan kecepatan pelacakan dayanya sekitar 0,15 detik pada semua kondisi yang diteliti. Metode GWO lebih akurat dan cepat melacak daya maksimum dibandingkan dengan metode P&O pada kondisi shading.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN TITIK DAYA MAKSIMUM ARRAY MODUL SURYA PADA PARTIAL SHADING DENGAN KONDISI MULTIPLE PEAK MENGGUNAKAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (GWO) (MULIADI, 2021)

ANALISA PENAMBAHAN HEATSINK DAN TERMOELEKTRIK TERHADAP KINERJA PANEL SURYA (Teuku Mizan Sya`rani Denk, 2019)

PENGEMBANGAN PIRANTI PENJEJAK KURVA ARUS DAN TEGANGAN (I-V) MODUL SURYA BERBASIS ATMEGA 2560 (Cholish, 2017)

ANALISA PENAMBAHAN HEATSINK DAN TERMOELEKTRIK TERHADAP KINERJA PANEL SURYA (Teuku Mizan Sya`rani Denk, 2019)

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy