//

GAMBARAN PERUBAHAN PH SALIVA SEBELUM DAN SETELAH PENGGUNAAN PASTA GIGI MENGANDUNG XYLITOL PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Luthfi Fadli - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS - AGRICULTURE
SALIVA - HUMAN PHYSIOLO
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Saliva adalah cairan kompleks dalam rongga mulut dan tidak berwarna, yang berfungsi untuk mempertahankan homeostasis pada rongga mulut. Xylitol adalah senyawa kimia organik yang digunakan sebagai pemanis buatan pengganti gula. Xylitol lebih baik dari gula lainnya karena tidak dapat dimetabolisme oleh mikroorganisme kariogenik sehingga tidak menghasilkan asam dan mempunyai efek anti mikroorganisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perubahan pH saliva pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala setelah penggunaan pasta gigi mengandung xylitol. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang dengan desain pretest-postest group. Pengambilan saliva dilakukan dengan metode spitting. Subjek diberikan pasta gigi mengandung xylitol untuk digunakan selama 3 hari pemakaian normal. Subjek tidak diperbolehkan untuk makan atau minum selama 1 jam sebelum pengambilan saliva. Subjek diinstruksikan meludah selama 5 menit dalam interval setiap 1 menit. Pengukuran pH saliva menggunakan pH meter digital. Berdasarkan hasil uji t-berpasangan, terlihat adanya peningkatan rerata pH saliva yang bermakna secara statistik (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN TIGA JENIS PASTA GIGI TERHADAP PH SALIVA ANAK KELAS V DI SDN 2 ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA (Intan Khairunnisa, 2014)

PERBEDAAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH MENYIKAT GIGI DENGAN PASTA GIGI YANG MENGANDUNG SORBITOL PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2014 (IHSAN RIZKY, 2015)

GAMBARAN SKOR PLAK PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN BABUN NAJAH SETELAH PENGGUNAAN PASTA GIGI YANG MENGANDUNG XYLITOL (Oza Azzuhra, 2015)

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DAN PH SALIVA SETELAH BERKUMUR MONOSODIUM GLUTAMAT PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Firman Tirma, 2014)

HUBUNGAN PENGUNYAHAN PERMEN KARET XYLITOL TERHADAP KECEPATAN ALIR SALIVA PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGITAHUN AKADEMIK 2010 (Iman Rakhmadika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy