//

PEMBINAAN KARAKTER SISWA OLEH GURU SMP SEDERAJAT DIKECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Jemari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Siti jemari, Pembinaan Karakter Siswa Oleh Guru SMP Sederajat Di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Skripsi, jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: ( I ) Drs. M Nasir Basyah, M.Si ( II ) Dr. Saiful, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Pembinaan, Karakter, Siswa, Guru Sekolah belum semuanya memiliki fasilitas yang mendukung pembentukan karakter siswa. Kondisi budaya masyarakat juga belum mendukung terciptanya pola hidup yang berkarakter pancasilais yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui peran guru PPKn dalam pembinaan karakter siswa, untuk mengetahui faktor penghambat terlaksananya pembelajaran PPKn dalam pembinaan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Sederajat di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Penelitian merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini juga diperoleh dari informan. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan wawancara dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran guru PPKn dalam pembinaan karakter siswa yaitu melakukan pendekatan penanaman nilai dengan keteladanan, menanamkan moral kongnitif, klarifikasi nilai, menghimbauan dan pembiasaan. Strategi yang diterapkan guru PPKn dalam pembinaan karakter siswa adalah memberikan tugas yang merangsang penanaman nilai-nilai karakter, mengajak siswa menciptakan kelas yang nyaman dan kondusif, memberikan motivasi nasihat, penghargaan dan hukuman, serta membiasakan siswa untuk berperilaku yang berkarakter, menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan berusaha aktif menimba ilmu tentang nilai-nilai karakter. Faktor penghambat terlaksananya pembelajaran PPKn dalam membina karakter siswa adalah guru terkadang memprioritaskan penyelesaian materi tanpa memperhatikan aspek penanaman nilai-nilai karakter, masih ada kelas yang kurang nyaman, siswa sulit untuk diarahkan, kurangnya pelatihan guru mengenai penanaman nilai karakter, siswa yang kurang antusias dan kurang peduli dalam pembelajaran PPKn, dan pergaulan siswa yang sulit di control. Disarankan kepada dinas pendidikan memberikan pelatihan guru mengenai nilai-nilai karakter, guru sebagai teladan sebaiknya meningkatkan sikap dan perilaku yang berkarakter, dan perlu adanya meningkatkan dukungan dari seluruh warga sekolah dalam penanaman nilai-nilai karakter.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DIDONG DI SMAN 1 PERMATA BENER MERIAH (Husna, 2017)

PROSES DAN KENDALA PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) DI SMA/SEDERAJAT KECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (HALIMATUS SAKDIAH, 2018)

EVALUASI KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA MAN LAMPAHAN KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (HASMAWATI, 2015)

KOMPETENSI GURU PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI SMP NEGERI BENER MERIAH (RINI MASTURA, 2014)

PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SISWA SD N 2 PANTE RAYA KABUPATEN BENER MERIAH (RIRI MAIFANI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy