FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Meka Suci Fitria - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1412101010018

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Saat ini rokok dan perilaku merokok menjadi perhatian khusus bagi semua negara, dikarenakan terdapat beberapa kecenderungan negatif yang mencemaskan antara lain usia merokok yang semakin muda yaitu anak usia sekolah (6-12 tahun). Ada banyak alasan yang melatarbelakangi perilaku merokok antara lain faktor orang tua, faktor teman, faktor kepribadian dan faktor iklan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok (orang tua, teman, kepribadian dan iklan) dengan perilaku merokok pada anak usia sekolah. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskripsi korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia sekolah dasar kelas IV-VI yang berjenis kelamin laki-laki di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling menggunakan metode quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan metode wawancara terpimpin. Hasil analisis bivariat dengan uji chi-square didapatkan hasil bahwa ada hubungan faktor orang tua (p-value=0,000), faktor teman (p-value=0,005), faktor iklan (p-value=0,038) dengan perilaku merokok pada anak usia sekolah. Sedangkan faktor kepribadian tidak ada hubungan (p-value=0,052) dengan perilaku merokok pada anak usia sekolah. Direkomendasikan kepada pihak sekolah untuk bekerja sama dengan petugas Puskesmas melakukan penyuluhan kepada orang tua mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada anak agar orang tua dapat melakukan antisipasi, mencegah, mengawasi dan memberikan bimbingan mengenai perilaku negatif tersebut. Pihak sekolah juga dapat menjadi pemantau pertama di sekolah terkait perilaku merokok pada anak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK