//

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG DIARE DENGAN PENATALAKSANAAN AWAL DIARE AKUT PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asri Ayuningtias - Personal Name
SubjectDIARRHEA
CHILD CARE
CHILDREN-HEALTH-HOME CARE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Diare merupakan masalah kesehatan utama yang menyebabkan kematian pada anak terutama balita. Tingginya angka kematian balita akibat diare sangat mengkhawatirkan sehingga diperlukan adanya tindakan untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas pada balita. Tahun 2016, terjadi peningkatan Case Fatality Rate (CFR) diare dari 2,47% menjadi 3,04%. Ibu sangat berperan penting dalam penanganan diare balita, pengetahuan ibu menentukan tindakan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang diare dengan penatalaksanaan awal diare akut pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlative dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah 348 ibu yang memiliki balita dari lima desa di Kecamatan Kuta Baro. Sampel penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita usia 2-5 tahun dengan teknik sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 86 ibu. Analisa data menggunakan uji statistik chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang diare dengan penatalaksanaan awal diare akut pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar (p-value 0.005), ada hubungan pengetahuan ibu dengan pemberian oralit (p-value 0.019), ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan pemberian nutrisi (p-value 0.000) dan tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang diare dengan pemberian zink (p-value 0,089). Diharapkan kepada instansi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan promosi kesehatan tentang penatalaksanaan awal diare akut pada balita khususnya meningkatkan pengetahuan ibu tentang zink. Kata Kunci : Diare, balita, pengetahuan ibu, penatalaksanaan diare Sumber Bacaan : 20 buku + 43 jurnal + 8 sumber online (2009-2018)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN FAKTOR IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI DAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR (Hasanah Oktavia Eka Putri, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN ZINC PADA BALITA PENDERITA DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH (ELENA SAFITRI, 2021)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG DIARE PADA BALITA DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2014 (Windy Astari Br Lubis, 2015)

FAKTOR RISIKO PENYEBAB DIARE PADA BALITA DI KECAMATAN COT GLIE ACEH BESAR (Nanda Yusrida Putra, 2014)

HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH BANDA ACEH (Terah Imanuel Mirino, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy