PERANAN BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DESA (SUATU PENELITIAN DI DESA PAYA LABA, KEC. KLUET TIMUR, KAB. ACEH SELATAN) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERANAN BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DESA (SUATU PENELITIAN DI DESA PAYA LABA, KEC. KLUET TIMUR, KAB. ACEH SELATAN)


Pengarang

Farmadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101010008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Farmadi. 2017. Peranan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam meningkatkan Kemandirian Desa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Erna Hayati, SH., M.Hum., (2) Dr. Sanusi, S.Pd., M.Si
Kata Kunci: Peranan, BUMG, Kemandirian Desa
Desa Paya Laba telah berdiri Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) selama 3 tahun. Penelitian ini berupaya mengungkapkan tentang peranan badan usaha milik gampong (BUMG) dalam meningkatkan kemandirian desa, di gampong Paya Laba. Secara khusus penelitian ini bertujuan mengetahui tentang peranan badan usaha milik gampong (BUMG) dalam meningkatkan kemandirian desa. (2) Upaya apa saja yang dilakukan BUMG dalam meningkatkan kemandirian desa dan (3) kendala apa saja yang dihadapi BUMG dalam meningkatkan kemandirian desa, di gampong Paya Laba, Kecamatan Kluet Timur.
Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan sabjek dalam penelitian ini purposive sampling. Sehingga subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Paya Laba sebanyak 10 orang terdiri dari 1 orang Geuchik, 1 orang ketua BUMG, 1 orang bendahara BUMG, 1 orang pengelola BUMG, 1 orang ketua BPD dan 5orang masyarakat yang menggunakan jasa BUMG.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dalam meningkatkan Kemandirian Desa peran BUMG yaitu sebagai Motivator, Fasilitator, dan sebagai Mediator. (2) untuk meningkatkan kemandirian Desa perangkat BUMG melakukan upaya dengan observasi langsung ke lapangan dan melihat apa yang menjadi peluang untuk memajukan sebuah desa, selanjutnya BUMG desa Paya Laba secara umum telah berjalan sebagaimana mestinya, hanya sebagian kecil dari usaha yang belum tepat sasaran sesuai dengan harapan pemerintah yaitu mensejahterakan masyarakat desa. kendala yang dihadapai BUMG dalam meningkatkan kemandirian desa masih kurangnya anggaran dan sarana belum mencukupi.
Simpulan penelitian ini adalah dalam meningkatkan kemandirian Desa, Badan usaha milik gampong tidak bisa bekerja dengan sendirinya, seluruh elemen atau perangkat di gampong paya laba harus saling bekerja sama dan saling mendukung. Hal ini agar dengan mudah tercapainya tujuan pemerintah yaitu dapat mensejahterakan seluruh masyarakat khususnya gampong Paya Laba, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK