HAMBATAN GURU DALAM MENGATASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 57 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HAMBATAN GURU DALAM MENGATASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 57 BANDA ACEH


Pengarang

SITTI ABIDAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406104040051

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Abidah, Sitti. 2018. Hambatan Guru dalam Mengatasi Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Nurhaidah, M.Pd., (2) Anjar Candrawati, S.Pd., M.Ed.

Kata kunci: hambatan guru, anak berkesulitan belajar
Dalam mengatasi anak berkesulitan belajar, guru kerap kali mengalami berbagai hambatan dalam proses pembelajaran. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja hambatan guru dalam mengatasi anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengatasi anak berkesulitan belajar dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang guru kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki hambatan dalam mengatasi anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh. Hambatan-hambatan tersebut diantaranya guru kesulitan dalam memunculkan minat belajar anak, guru belum memahami cara mengatasi anak berkesulitan belajar, metode pembelajaran yang digunakan kurang optimal, dan guru merasa kewalahan dalam mengevaluasi dan mengelola kelas. Adapun upaya-upaya yang dilakukan guru yaitu dengan menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan memberikan motivasi, memberikan pengajaran remedial, menggunakan metode yang bervariasi disesuaikan dengan masing-masing kasus anak dan target pembelajaran, mengatur ruang kelas dengan menempatkan anak ke dalam kelompok-kelompok belajar yang sesuai, dan mengadakan pertemuan dengan orang tua untuk melakukan konsultasi mengenai anak.
Dapat disimpulkan bahwa hambatan dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh belum diterapkan secara menyeluruh. Saran peneliti adalah diharapkan seluruh guru mampu menerapkan proses pembelajaran yang semestinya bagi anak berkesulitan belajar agar dapat meningkatkan hasil belajar anak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK