//

PERILAKU MEMBUAT SARANG OLEH BURUNG MANYAR JAMBUL (PLOCEUS MANYAR) DI KAWASAN GAMPONG LAMREH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Heri Irwanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang “Perilaku Membuat Sarang oleh Burung Manyar Jambul (Ploceus manyar) di Kawasan Gampong Lamreh Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 28 Oktober 2015. Tujuan mengetahui perilaku membuat sarang burung manyar jambul (Ploceus manyar) di Kawasan Gampong Lamreh Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Focal Animal Sampling. Sampel yang diamati adalah ketinggian sarang, berada pada cabang keberapa, bahan penyusun sarang, vegetasi sekitar sarang, faktor abiotik serta perilaku membuat sarang burung manyar jambul. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan pohon untuk meletakkan sarang adalah pohon kelapa (Cocos nucifera) dengan ketinggian pohon 15,6 meter sedangkan ketinggian sarang 14,7 meter dan disekitar sarang ditemukan 5 jenis vegetasi yang dominan yaitu padi (Oryza sativa), talas (Colocasia esculenta), biduri (Calotropis gigantea), ardisia (Ardisia sumatrana), dan kelapa (Cocos nucifera). Morfologi sarang berbentuk bundar dengan dua jalur masuk dari bawah yaitu pintu masuk utama dan pintu tipuan dibuat dengan rumput bertekstur kasar. Faktor abiotik sarang yaitu suhu sarang 29,9 °C, kelembapan 64 %, dan intensitas cahaya 908 lux. Perilaku membuat sarang 4. Perilaku burung manyar dalam membuat sarang umumnya sama, yaitu mencari material sarang dan menganyam sarang selain itu terdapat pula aktivitas memikat manyar betina. Kata Kunci: Burung Manyar Jambul, Perilaku Membuat Sarang, Gampong Lamreh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK DAN DISTRIBUSI SPASIAL SARANG BURUNG MANYAR (PLOCEUS MANYAR) DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (DILA MAIYANA, 2020)

STUDI ETNO-ORNITOLOGI DAN IDENTIFIKASI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DALAM KONSERVASI BURUNG DAN HABITATNYA DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN. (NURUL SYAFINA, 2021)

PERILAKU BERBIAK BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI DESA TIBANG, KOTA BANDA ACEH (Rachmat Wahid Churniadi, 2016)

DESKRIPSI LOKASI MAKAN (FEEDING SITE) TIGA SPESIES BURUNG KUNTUL DALAM KAWASAN KECAMATAN BAITUSSALAM DAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ERSA FEBRIANA, 2014)

STRATIFIKASI HABITAT BURUNG DI KAWASAN HUTAN MATA IE GAMPONG LEU UE KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Mulya, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy