//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT MAPDENGAN MODEL MIND MAP PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 15 ADIDARMA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurhayani. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Concept Map Dengan Model Mind Map pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 15 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs.Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) M. Okta Ridha Maulidian, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: hasil belajar, concept map, mind map,geografi Model pembelajaran adalah suatu bentuk pola aktivitas yang merupakan dasar pijakan guru untuk mengorganisir kegiatan pembelajaran. Dengan penggunaan model pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan partisipasi peserta didik selama pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi optimal. Adapun beberapa model pembelajaran yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran Concept Map dan Mind Map yang dapat membantu peserta didik menciptakan gagasan atau ide baru dan kedua model ini merupakan sarana grafis yang digunakan untuk menyusun dan mengembangkan sebuah gagasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Concept Map lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 15 Adi darma Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Concept Map lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 15 Adi darma Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua kelas yakni kelas X-1 sebanyak 21 siswa dan kelas X-2 sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh t hitung = -2,58 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 38, artinya t hitung < ttabel sehingga hipotesis alternatif H a ditolak. Artinya hasil belajar siswa yang diberikan pemberlakuan dengan model pembelajaran Concept Map tidak lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberikan pemberlakuan dengan model pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Syarifah Riska, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL THE FIRING LINE DENGAN MODEL INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (ULLI YANA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Erdini Susanti, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy