ISOLASI DAN PENGUJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER SENYAWA KULIT BATANG PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ISOLASI DAN PENGUJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER SENYAWA KULIT BATANG PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT.)


Pengarang

Safrina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200230009

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Kimia Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

547

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kulit batang pala merupakan bagian dari tanaman pala yang belum dimanfaatkan secara optimal yang diduga mengandung senyawa metabolit sekunder. Pemanfaatan bagian tanaman pala seperti kulit batang masih minim dipelajari, karena eksplorasi tanaman pala (M. fragrans Houtt) masih terfokus hanya pada bagian buah, daun dan akarnya saja. Dalam studi ini fokus pada eksplorasi senyawa metabolit sekunder dalam kulit batang pala. Studi ini bertujuan untuk mengisolasi dan memurnikan senyawa aktif antioksidan dan antikanker dari kuli batang pala, menentukan struktur senyawa metabolit sekunder dengan menggunakan spektrofotometer 1H-NMR, 13C-NMR, DEPT, HMQC, HMBC, COSY dan MS. Penentuan aktivitas antioksidan dan antikanker dengan metode yaitu DPPH dan MTT. Hasil uji fitokimia ekstrak n-heksana kulit batang pala (MFnHB) adalah positif terpenoid. Fraksinasi senyawa MFnHB yang menghasilkan kristal putih adalah senyawa MFnHB D (vial 40-47) dengan menggunakan fase gerak n-Heksana : Etil Asetat 8:2 dan berat fraksi 570 mg. Aktivitas antioksidan MFnHB adalah 63,76 ppm. Fraksi senyawa MFnHB yang memiliki aktivitas antioksidan yang baik berturut-turut adalah pada fraksi MFnHB K, H dan I dengan nilai masing-masing adalah 42,21; 58,04 dan 90,90 ppm dan berat fraksi masing-masing adalah 178,6 ; 1.491,2 dan 616,9 mg. Senyawa paling murni yang diperoleh adalah MFnHB D4 dengan aktivitas antioksidan yaitu 99,76 ppm. Senyawa MFnHB memiliki aktivitas antikanker yang sangat baik terhadap sel MCF-7 dengan nilai IC50¬ adalah 10,75 ppm pada fraksi MFnHB H. Senyawa MFnHB D4 hasil isolasi dari kulit batang pala merupakan senyawa terpenoid dengan rumus molekul C18H30O4 yang memiliki nama IUPAC “propil (2E)-5(2z.4E)-hexa-2,4,-dio-zyl)-2 propylcyclohexanol” dengan massa 310 gr/mol.

Kata kunci : Kulit batang pala, M. fragrans Houtt, kromatografi, senyawa metabolit sekunder, elusidasi struktur.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK