//

ANALISIS PENGONTROLAN KUANTITAS DAN KUALITAS BATUBARA OLEH PT.SURVEYOR INDONESIA (PERSERO) DI PLTU NAGAN RAYA, ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Andry Pratama - Personal Name

Abstrak/Catatan

PLTU Nagan Raya Aceh merupakan salah satu industri pembangkit listrik yang menggunakan batubara sebagai energinya. Desain boiler PLTU Nagan Raya menggunakan batubara dengan nilai kalori 4.200 Kcal/Kg. Batubara dari shipper yang berada di luar provinsi Aceh dikirimkan ke PLTU Nagan Raya menggunakan kapal vessel dan kemudian dibongkar ke kapal tongkang karena kapal vessel tidak dapat bongkar di jetty PLTU. Perjalanan batubara dari tambang hingga sampai ke PLTU membutuhkan waktu yang lama sehingga dapat membuat kuantitas dan kualitas batubara berubah oleh sebab itu perlu pengontrolan kuantitas dan kualitas terhadap batubara yang dikirim oleh shipper agar batubara yang masuk ke PLTU sesuai dengan jumlah dan spesifikasi yang telah disepakati antara PLTU dan shipper dimana kegiatan pengontrolan ini dilakukan oleh subcontractor PT.Surveyor Indonesia (Persero). Perhitungan kuantitas batubara di kapal tongkang menggunakan metode draft survey yaitu dengan membaca ketinggian sarat tongkang (draft). Berdasarkan hasil penelitian dilapangan kuantitas batubara yang dikirimkan shipper PT. Bukit Asam periode 18 Februari sampai 14 Maret 2018 menggunakan vessel MV.Ammar adalah 49.755,474 MT. Kegiatan pengontrolan kualitas batubara yang dilakukan adalah mengambil sampel batubara sebanyak 78 increment (234 kg) dengan interval waktu pengambilan 15 menit/increment untuk setiap satu lot (5000 MT) batubara dan kemudian sampel di preparasi untuk dapat dianalisa kualitas batubaranya. Hasil analisis laboratorium menunjukkan kualitas batubara yang dikirimkan oleh shipper PT.Bukit Asam ke PLTU Nagan Raya adalah Total Moisture = 29,95%, Ash Content = 7,28%, Volatile Matter = 40,28%, Fixed Carbon = 37,40%, Total Sulphur = 0,54%, Calorific Value = 5.636 Kcal/Kg. Kualitas batubara tersebut sudah memenuhi spesifikasi kualitas batubara untuk industri PLTU. Kata Kunci : PLTU, Kuantitas, Kualitas, Draft Survey, Sampling, Preparasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ULANG BOILER PLTU NAGAN RAYA (T Kamaruzzaman, 2018)

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK DAN DIMENSI PEMECAH GELOMBANG PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA (Armido, 2015)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGERINGAN BATUBARA SUB BITUMINOUS B DENGAN UDARA SEBAGAI FLUIDA KERJA (Suryadi Yandi, 2019)

KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK PENGERINGAN BATUBARA SUB BITUMINOUS B DENGAN UDARA PANAS SEBAGAI MEDIA PENGERING (Rendra Rusdianto, 2017)

ANALISA KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS DI PIPA WATERWALL BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA 2X110 MW (Muhammad Ridho Fadhli, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy