//

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG LUAR MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kamila Bilqis - Personal Name

Abstrak/Catatan

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG LUAR MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH KAMILA BILQIS NIM. 1404104010042 ABSTRAK Kenyamanan termal ruang luar merupakan hal yang penting untuk dikaji seperti halnya ruang dalam, terutama jika ruang luar tersebut memiliki fungsi yang terikat dengan ruang dalam. Masjid Raya Baiturrahman merupakan bangunan peribadatan yang memiliki ruang luar dengan fungsi cukup penting berupa wadah untuk melakukan ibadah shalat. Evaluasi kenyamanan termal ruang luar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dilakukan untuk mengetahui kondisi termalnya agar dapat mengoptimalkan fungsi ruang luar tersebut dalam kaitannya dengan kenyamanan termal. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan kajian pustaka, observasi lapangan dan penyebaran kuisioner serta melakukan pengukuranpengukuran langsung mengenai pengaruh-pengaruh lingkungan seperti temperatur udara, kecepatan angin, radiasi matahari, kelembapan udara dan meninjau pengaruh bagianbagian ruang luar seperti permukaan lantai dan penggunaan pembayangan yang berhubungan dengan kondisi termal ruang luar. Berdasarkan karakteristik desain Ruang Luar Masjid Raya Baiturrahman beberapa hal yang mempengaruhi kenyamanan termal antara lain penggunaan material lantai, pembayangan dan elemen vegetasi. Dari berbagai indikator tersebut, yang paling mempengaruhi sensasi panas pada Ruang Luar Masjid Raya Baiturrahman adalah ketersediaan elemen pembayangan. Pada area yang terbayangi persepsi yang dirasakan memiliki nilai tertinggi +1,4 yaitu sensasi agak hangat dan pada area tanpa pembayangan memiliki nilai tertinggi +1,5 yaitu sensasi hangat. Sedangkan elemen material mempengaruhi sensasi panas pada stimulus kulit akibat dari kemampuan konduktivitasnya. Dalam hal ini material lantai keramik alam memberikan stimulus panas tertinggi pada kulit dengan suhu rata-rata 47,3 o C dan suhu terendah terdapat pada material rumput yang ternaungi yaitu sebesar 28,2 o C. Kata Kunci : Kenyamanan Termal, Ruang Luar, Kondisi Termal, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI BAGIAN UTARA MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Afrijal, 2019)

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL PEJALAN KAKI(STUDI KASUS :DI KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (INTAN MAHARANI, 2018)

UJI TINGKAT KEBISINGAN DI AREA SEBELAH TIMUR MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Muhammad Narazi, 2018)

ANALISIS PENGAKUAN, PENILAIAN, PENYAJIAN DAN PENGUNGKAPAN ASET BERSEJARAH PADA LAPORAN KEUANGAN ENTITAS PEMERINTAH DAERAH ACEH (STUDI KASUS PADA MASJID RAYA BAITURRAHMAN) (Said Ikhsan Ridha, 2016)

KAJIAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KENYAMANAN TERMAL PADA SUATU RUANGAN KERJA (Zulkifli, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy