//

PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2021/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEVI AGUSTINA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kemampuan Awal, Motivasi, Prestasi Belajar Kemampuan Awal dan Motivasi banyak diterapkan dalam berbagai kegiatan, tidak terkecuali dalam belajar. Kemampuan awal merupakan tolak ukur dari keberhasilan kegiatan belajar dan pembelajaran Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Prestasi belajar akan menjadi optimal jika ada kemampuan awal dan motivasi. Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa turut mempengaruhi ketercapaian prestasi belajar siswa. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Rukoh Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kemampuan awal dan motivasi dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Rukoh Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan sebaran angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Rukoh Banda Aceh pada tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 yang diambil dari 5 kelas VIII yang ada di MTsN Rukoh Banda Aceh. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus Regresi Linear Ganda dan korelasi product-moment dari Pearson dan hipotesis diuji dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil perhitungan korelasi diperoleh r = 0,36 untuk motivasi dan 0,41 untuk kemampuan awal menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang sedang antara kemampuan awal dan motivasi dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 32 – 2 = 30, diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,69 >1,70 dan 2,26 > 1,70. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Terdapat pengaruh antara motivasi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013” diterima.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/ 2015 (Herman , 2016)

PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA KELAS KHUSUS DAN REGULER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTSN RUKOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Nurul Hidayah, 2016)

PENERAPAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Cut Ida Fitria, 2015)

HUBUNGAN PENDIDIKAN TERAKHIR ORANG TUA DAN MOTIVASIRNBELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKESRNPADA SISWA MTSN RUKOH TAHUN AJARAN 2014/2015 (ARIF MUAZZAN, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH DALAM MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF (Jumiati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy