PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTIONTERHADAP RNHASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA PADA RNKONSEP PERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN RNDI SMA NEGERI 4 BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTIONTERHADAP RNHASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA PADA RNKONSEP PERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN RNDI SMA NEGERI 4 BIREUEN


Pengarang

Jumiati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200150059

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Jumiati.Penerapan Model Problem Based InstructionTerhadap Hasil Belajar
dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Pada Konsep Perusakan dan Pencemaran
Lingkungan di SMA Negeri 4 Bireuen. Tesis. Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah,
M.Pd, Pembimbing II. Dr. Drh. Razali, M.Si .
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa
pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan yang dibelajarkan dengan
model problem based instruction (PBI) dan peningkatan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatankemampuan
kerja ilmiah siswa pada konsep perusakan dan pencemaran lingkunganyang
dibelajarkan dengan model PBI yang dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional, Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bireuen dengan
menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X semester ganjil pada Tahun Pelajaran2012/2013 yang
berjumlah 4 kelas paralel. Sampel diambil sebanyak 2 kelasyang ditentukan
secara acak yang terdiri dari kelas eksperimen atau PBI dan kelas kontrol atau
konvensional. Analisis data dilakukan dengan uji t dengan menggunakan program
SPSS 16.0 for windows. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan (?>0,05) antara siswa yang
dibelajarakan dengan model PBI dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat
perbedaan skor kemampuan kerja ilmiah siswa yang signifikan (?>0,05) antara
siswa yang dibelajarkan dengan model PBI dengan pembelajarankonvensional,
Dapat disimpulkan bahwa : (1) hasil belajar siswa pada konsep perusakan dan
pencemaran lingkungan dengan model PBI lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2)Skor kemampuan
kerja ilmiah siswa dengan model PBI lebih tinggi dibandingkan dengan skor
pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Problem Based Instruction, Hasil Belajar, Kerja Ilmiah Siswa,
Perusakan dan Pencemaran Lingkungan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK