//

PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENONTON TELEVISI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KAMELIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul Peran Orangtua dalam Mendampingi Anak Menonton Televisi di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauhmana peran orangtua dalam mendampingi anak menonton televisi di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua dalam meminimalisir anak menonton televisi di Kota Banda Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori peran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive dengan criteria sampel merupakan warga masyarakat Kota Banda Aceh, orangtua yang memiliki anak usia 12 sampai 18 tahun, orangtua yang aktif dan mengetahui tentang perkembangan media televisi dan anak usia 12 sampai 18 tahun. Dari penelitian ini diperoleh hasil dari pengukuran menggunakan analisis distribusi frekuensi data tunggal menunjukkan dari 100 responden penelitian dengan karakteristik pertanyaan awal yang diajukan kepada orangtua menunjukkan peran orangtua dalam mendampingi anak menonton televisi hanya 23 orang atau 23% orang tua yang pernah melakukan pendampingan terhadap anak. Disisi lain orangtua memberikan kesempatan kepada anak untuk menonton ketika sedang. Peran orang tua lainnya ditunjukkan dengan pengawasan menggunakan komunikasi via telepon ketika orangtua sedang tidak berada dirumah sebagai upaya mengawasi anak dari kebebasan menonton tayangan televisi. Upaya yang dilakukan orangtua dalam meminimalisir jam menonton pada anak dilakukan dengan cara memberikan perhatian lebih kepada anak setiap waktunya, menunjukkan sikap kepedulian terhadap anak dengan apa yang dikerjakan melakukan pengawasan terhadap anak setiap waktunya dan memberikan nasehat/bimbingan kepada anak. Anak dibimbing untuk menonton tayangan-tayangan tertentu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LITERASI MEDIA PARENTING PADA ANAK YANG MENONTON TELEVISI DI GAMPONG PEURADA KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Milna, 2016)

BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGAWASI ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP MASYARAKAT GAMPONG RUKOH, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH) (ikhlasillah, 2014)

HUBUNGAN MENONTON TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI DESA PEULANGGAHAN KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rahmawati, 2014)

STRATEGI ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK SAAT PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (AZILLA, 2021)

HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TELEVISI DENGAN KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK USIA 1-5 TAHUN DI POLIKLINIK ANAK RSUDZA BANDA ACEH (Oky Vidia Wahyuni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy