PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN TENTANG PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN TENTANG PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH


Pengarang

FITRI YANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1612101010077

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTRIAN RISET DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
28 Mei 2018

x + VI BAB + 58 halaman + 7 tabel + 1 skema + 19lampiran

FITRI YANTI
1612101010077

PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN TENTANG PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH

ABSTRAK

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga adalah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI (KEMENKES RI) guna mewujudkan masyarakat Indonesia untuk berperilaku sehat. Dalam menjalankan sebuah program diperlukan pengetahuan petugas kesehatan yang baik, karena dengan pengetahuan yang baik mampu menentukan keberhasilan dari suatu program. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengetahuan petugas kesehatan tentang Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Kota Banda Aceh sebanyak 10 Puskesmas. Metode penelitian ini deskriptif eksploratif. Populasinya adalah Puskesmas Kota Banda Aceh dengan jumlah 50 responden, masing-masing Puskesmas terdiri dari 5 petugas kesehatan. dengan total sampel, kuesioner yang digunakan berupa pernyataan dengan pilihan jawaban pilihan berganda berjumlah 7 pernyataan untuk mengukur pengetahuan tentang pengertian, 5 pernyataan mengukur pengetahuan tentang tujuan, 4 pernyataan mengukur pengetahuan tentang sasaran dan 10 pernyataan mengukur pengetahuan metode pelaksanaan, analisa data menggunakan uji univariat. Hasil penelitian menunjukan 58,0% memiliki pengetahuan tinggi, sedangkan 42,0% memiliki pengetahuan yang rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengetahuan maka dapat menentukan keberhasilan dari suatu program yang akan dijalankan. Diharapkan Dinas Kesehatan Aceh dapat mengevaluasi program ini, serta dapat mengadakan kembali pelatihan dasar bagi petugas yang baru dan pelatihan lanjutan kepada petugas lama.

Kata kunci : Program Indonesia Sehat, Pendekatan Keluarga
Daftar bacaan : 24 buku, 12 sumber online, 1 skripsi (1965-2017)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK