HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

M RIJALUL FAKHRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1412101010077

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : fakultas keperawatan universitas syiah kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
8 Juni 2018

xv + VI BAB + 64 halaman + 7 tabel + 1 skema + 14 lampiran
M. RIJALUL FAKHRI
1412101010077

HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

ABSTRAK
Kurikulum berbasis kompetensi merupakan salah satu metode pembelajaran yang banyak diterapkan diberbagai universitas. Kurikulum ini berfokus kepada Student Centered Learning yang mana dalam proses pembelajaran tersebut mahasiswa dituntut untuk menguasai banyak hal. Tuntutan yang banyak mampu menjadi stresor bagi mahasiswa sehingga perlu adanya strategi koping adaptif di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan strategi koping dengan persepsi mahasiswa tentang metode KBK di Fakultas Keperawatan Unsyiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah correlational study dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa reguler A tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel probability sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden yang terdiri dari 22 responden angkatan 2014, 19 responden angkatan 2015, 19 responden angkatan 2016, dan 29 responden angkatan 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan Student College Stress Scale (SCSS) dan Maladaptive and Adaptive Coping Style (MAX). Data penelitian dianalisis menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian didapatkan persepsi mahasiswa tentang metode KBK berada dalam kategori baik (53%) dan strategi koping mahasiswa berada pada respon maladaptif (41,57%). Ada hubungan strategi koping adapatif dan avoidance dengan persepsi mahasiswa tentang metode KBK di Fakultas Keperawatan Unsyiah dengan p value 0,015 dan 0,049 < ? (0,05). Direkomendasikan kepada Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala untuk meningkatkan kualitas metode pembelajaran KBK dan terus mendukung mahasiswa dalam proses pembelajaran demi menghasilkan perawat yang berkompeten.

Kata Kunci : strategi koping, persepsi mahasiswa, kurikulum berbasis kompetensi
Daftar Bacaan : 12 buku, 2 skripsi, 24 jurnal, 5 artikel (1984-2018)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK