//

HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES PADA SISWA PESANTREN KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUNI SHELMA - Personal Name
SubjectSTRESS
NURSES
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Stres dikalangan siswa sekolah menjadi perhatian saat ini, adapun faktor yang memicu terjadinya stres diantaranya adalah intensitas belajar yang tinggi. Pesantren sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan formal Islam yang memadukan kurikulum nasional dan kurikulum yang dibuat oleh pesantren. Siswa pesantren dapat menghabiskan waktu hampir 24 jam untuk belajar. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 1 Mei 2018. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan intensitas belajar dengan tingkat stres dengan pendekatan model adaptasi Roy pada siswa. Jenis penelitian ini deskriptif korelatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini Proportional Random Sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner intensitas belajar dan DASS 42. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: tidak terdapat hubungan intensitas belajar dengan tingkat stres siswa di Pesantren (p-value = 0,47), selanjutnya bila dilihat dari subvariabel didapatkan tidak terdapat hubungan motivasi (p-value = 0,86), durasi kegiatan (p-value = 0,43), frekuensi kegiatan (p-value = 0,26), arah sikap (p-value = 0,81), minat (p-value = 0,47) dengan tingkat stres. Dari hasil penelitian diharapkan menjadi masukan yang bermanfaat bagi sekolah serta bagi perawat menjadi dasar untuk pengembangan upaya promkes di sekolah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES PADA SISWA PESANTREN KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (YUNI SHELMA, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP IT LUQMANUL HAKIM KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Khalida, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014)

PENGARUH INTENSITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN MODERN DI DAYAH TERPADU DARUL IHSAN ACEH BESAR (Nur Asiah, 2014)

HUBUNGAN ANTARA SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT STRESS DAN ADAPTASI PADA SISWA DI PESANTREN ACEH BESAR (Siska Millasari, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy