//

KENDALA-KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 7 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurita. 2018. Kendala – Kendala Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Nurhaidah M. Insya Musa, M.Pd. (2) Drs. M. Yamin, M. Ed. Kata kunci : Kendala guru, mengimplementasikan kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 menuntut guru untuk mengorganisasikan pembelajaran secara efektif. Ada lima hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pengorganisasian pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013, yaitu pelaksanaan pembelajaran, pengadaan dan tenaga ahli, pendayagunaan lingkungan dan sumber daya masyarakat, serta pengembangan dan penataan kebijakan. Penelitian ini melihat kendala-kendala dan usaha guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Adapun tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala-kendala dan mengetahui usaha guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Subjek dari penelitian adalah seluruh guru kelas SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue yang berjumlah 6 orang. Data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu kumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala-kendala guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue yaitu mengalami kendala berbeda-beda seperti minimnya buku panduan guru dan siswa, sulitnya menyesuaikan metode pembelajaran, kurangnya penguasaan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, minimnya waktu dalam proses belajar mengajar, kurangnya pembinaan dari dinas pendidikan dalam kurikulum 2013. Sehingga guru hanya mampu mengikuti jadwal yang di berikan oleh pihak sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DAN MENERAPKANNYA (SUATU STUDY PADA SMP NEGERI 4 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE). (Gundawari, 2019)

KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUKU PAKET KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Lini Yulia, 2017)

KENDALA GURU FISIKA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMAN SE-KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Dekla Rezki Putri, 2019)

PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAPAT MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA RN DI KELAS V SD NEGERI 7 TEUPAH BARAT (Virga Anantha, 2014)

TINGKAT PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN FISIKA PADA UJIANNASIONAL (UN) TAHUN 2009/2010 SISWA SMA NEGERI 1 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Rosmi Melati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy