//

ANALISIS KEGAGALAN STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG SERBAGUNA BAGIAN DEPAN KABUPATEN PIDIE JAYA MENGGUNAKAN ANALISIS TIME HISTORY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULIA RAHMAD - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada tanggal 7 Desember 2016, gempa bumi mengguncang Kabupaten Pidie Jaya dengan kekuatan 6,5 SR yang menyebabkan banyak struktur bangunan yang mengalami kehancuran dan kerusakan termasuk Gedung Serbaguna Kabupaten Pidie Jaya ini. Gedung Serbaguna Kabupaten Pidie Jaya ini banyak mengalami keretakan pada bangunan bagian depan dan mengalami deformasi permanen. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui perilaku struktur Gedung Serbaguna Bagian Depan Kabupaten Pidie Jaya ketika menerima beban gempa dan untuk mengetahui penyebab kegagalan struktur dengan metode time menggunakan beban gempa Pidie Jaya, kasus 3 dan 4 juga menggunakan mutu bangunan yang berbeda (mutu lapangan dan mutu rencana) dengan menggunkana beban gempa El-Centro, dan kasus history. Gedung terse but dimodelkan sebagai space frame dengan kondisi tumpuan jepit kemudian dilakukan analisis dinamik time history. Dibuat 5 kasus analisis, yaitu kasus 1 dan 2 dengan mutu bangunan yang berbeda (mutu lapangan dan mutu rencana) tetapi 5 sama seperti kasus 2 tetapi dilakukan penambahan ring balok pada permodelannya. Hasil nilai displacement dan simpangan antar lantai pada arah X dan Y dari setiap kasus menunjukkan bahwa setiap kombinasi yang melibatkan beban gempa telah melewati batas yang diizinkan oleh SNI 1726-2012 . Hal ini menunjukkan bahwa untuk semua kasus tidak aman tehadap lateral displacement arah X dan Y. Nilai base shear pada setiap kasus telah memenuhi persyaratan SNI 1726-2012. Hasil Mu yang didapat untuk kasus 1, kasus 2, kasus 3, kasus 4, dan kasus 5 berada di luar diagram interaksi P-M kolom K1. Hal ini menunjukkan bahwa kolom akan mengalami kegagalan lentur. Kegagalan struktur kolom Gedung Serbaguna Bagian Depan Kabupaten Pidie Jaya disebabkan oleh besarnya nilai momen lentur dan gaya geser akibat gempa sehingga melewati kapasitas kolom yang tersedia. Peningkatan momen lentur dan gaya geser yang besar kemungkinan disebabkan oleh tidak simetrisnya lay out bangunan tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEGAGALAN STRUKTUR RUANG AULA GEDUNG SERBAGUNA KABUPATEN PIDIE JAYA AKIBAT GEMPADENGAN METODE RESPON SPEKTRUM (Cut Nella Asyifa, 2018)

ANALISIS DEFORMASI STRUKTUR BANGUNAN AULA GEDUNG SERBAGUNA KABUPATEN PIDIE JAYA AKIBAT GEMPA MENGGUNAKAN ANALISIS DINAMIK TIME HISTORY (M. Ikhsan Maulana, 2018)

EVALUASI KINERJA STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG SERBA GUNA KABUPATEN PIDIE JAYA AKIBAT GEMPA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS PUSHOVER (Shofiyatul Khairiyah Nasty, 2019)

KINERJA STRUKTUR RUANG AULA GEDUNG SERBAGUNA KABUPATEN PIDIE JAYA TERHADAP GEMPA DENGAN ANALISIS PUSHOVER (GILBY RIVANO BILQAINY, 2020)

ANALISIS DINAMIK GEDUNG KEJAKSAAN NEGERI KABUPATEN PIDIE JAYA DENGAN METODE TIME HISTORY (ARIS MUYASIR, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy