//

HUBUNGAN GULA DARAH PUASA DAN POSTPRANDIAL DENGAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ENTAN NABILA KASDY - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penyakit Diabetes Melitus merupakan penyakit yang tidak menular yang terus menjadi masalah besar di bidang kesehatan masyarakat di dunia.Diagnosis Diabetes Melitus harus didasarkan atas pemeriksaan gula darah seperti pemeriksaan gula darah puasa, gula darah postprandial dan HbA1c, untuk mengetahui pengendalian metabolisme gula darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Gula Darah Puasa dan Gula Darah Postprandial dengan HbA1c pada pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini adalah suatu observasional analitik dengan desain cross sectional. Data penelitian diolah dengan ujiSpearman-rank terhadap 500 sampel yang diambil melalui tenik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Gula Darah Puasa dan Postprandial dengan HbA1c (r=0,473; p=0,000) serta Gula Darah Postprandial dengan HbA1c (r=0,469; p=0,000). Kesimpulannya terdapat hubungan yang kuat, signifikan dan searah antara Gula Darah Puasa dan Gula Darah Postprandial dengan HbA1c pada pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci: Gula Darah Puasa, Gula Darah Postprandial, HbA1c, Diabetes Melitus

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DOSIS METFORMIN DENGAN KONTROL GLIKEMIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN OBESITAS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Kurniadi Abdullah, 2014)

HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Najwa Adila Zuqni, 2019)

PERBANDINGAN LAJU ALIRAN SALIVA TANPA STIMULASI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN) (Muhammad Jufri Azinar, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy