//

HUBUNGAN KONTROL GLIKEMIK PASIEN DIABETES MELLITUS DENGAN TEKANAN INTRAOKULAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Wahyu Ramadhani - Personal Name
SubjectINTRAOCULAR PRESSURE
GLAUCOMA-INCIDENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Diabetes melitus (DM) adalah suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Tingginya kadar gula karena kurang maksimalnya pemanfaatan gula oleh tubuh sebagai sumber energi karena kurangnya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas atau tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal. Tekanan intraokular adalah tekanan yang dihasilkan oleh cairan yang dihasilkan oleh bola mata. Tujuan umum penelitian untuk mengetahui perbandingan hubungan kontrol glikemik pada pasien diabetes melitus dengan tekanan intraokular dan tujuan khusus untuk mengetahui perbandingan hubungan tekanan intraokular dengan kontrol glikemik yang buruk pada pasien diabetes melitus. Jenis penelitian adalah analitik dengan desain crosss sectional. Responden penelitian diambil dengan metode consecutive sampling dengan rumus slovin didapatkan 98 orang pasien diabetes melitus. Data yang diperoleh berupa karakteristik responden, hubungan kontrol glikemik pasien diabetes melitus dengan tekanan intraokular. Data dianalisis dengan uji chi square. Hasil dari penelitian didapatkan hubungan antara kontrol glikemik yang buruk terhadap peningkatan intraokular p=0,003 mempunyai hasil yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kontrol glikemik pasien diabetes melitus dengan tekanan intraokular. Kata kunci : diabetes melitus, tekanan intraokular

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KONTROL GLIKEMIK DENGAN RISIKO KEJADIAN OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA) PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH (Annisa Suherman, 2016)

HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)

HUBUNGAN KADAR HBA1C TERHADAP DERAJAT KAKI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 (, 2018)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

HUBUNGAN EMOSI POSITIF DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH (TARI MEUTIA ULBA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy