//

PERSEPSI SISWA SMA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SAAT EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andi Mustari - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EXAMINATIONS AND TESTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Persepsi siswa, Perilaku menyontek, Evaluasi Pembelajaran Fisika Penelitian yang berjudul persepsi siswa SMA terhadap perilaku menyontek saat evaluasi pembelajaran Fisika ini mengangkat masalah mengenai perilaku menyontek siswa saat evaluasi pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap perilaku menyontek saat evaluasi pembelajaran Fisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA yang belajar di Lembaga Pendidikan APlus Creative Learning Center yang berjumlah sekitar 260 orang. Sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 20% (50 orang). Data penelitian diperoleh melalui angket yang dibagi kepada 50 orang siswa dan wawancara kepada 7 orang siswa. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini antara lain, 1) sebagian besar siswa sebenarnya tidak setuju mengenai perilaku menyontek karena melanggar aturan sekolah dan agama, namun tetap melakukannya karena terpaksa dan telah menjadi kebiasaan; 2) Beberapa alasan siswa menyontek antara lain karena takut nilainya rendah, karena mendapat kelonggaran dari pengawas, karena tuntutan nilai yang tinggi dari sekolah dan orang tua, dan karena takut mendapat sanksi sosial dari teman-teman; 3) Dalam evaluasi pembelajaran Fisika, alasan menyontek siswa adalah karena sulit mengingat rumus yang sangat banyak dan sulit menganalisis soal Fisika; 4) Sebagian besar siswa tidak akan melaporkan temannya yang menyontek kepada pengawas ujian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KOTA BANDA ACEH (Febi Indah Puspitasari, 2019)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 TAKENGON KAB. ACEH TENGAH (Suli Paulina, 2013)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI DALAM WILAYAH KOTA TAKENGON (Maulida Fitri, 2017)

PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 KOTA JANTHO TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN CHANNEL YOUTUBE (Yuni Syahraini, 2019)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy