PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH


Pengarang

maya masyittah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104090007

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Materi
Perkalian Bilangan.
Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi perkalian bilangan siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi perkalian bilangan siswa dapat mencapai KKM di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh (dengan KKM = 62). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh dan sampelnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh sebanyak 28 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan pre-experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengolahan data menggunakan teknik statistik uji-t pada taraf 5% (?=0.05). Hasil analisis data yang diperoleh dari pengujian hipotesis didapat thitung = 5,572 dan ttabel sebesar 1,70 sehingga thitung > ttabel atau 5,572 > 1,70 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi perkalian bilangan dapat mencapai KKM di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Disarankan agar penelitian ini dapat menjadi referensi bagi teman seangkatan yang ingin meneliti lebih lanjut tentang model kooperatif tipe STAD dan juga untuk guru-guru khususnya guru kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh agar dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD guna meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK