PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH


Pengarang

Azalia Chaira - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104090022

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT, operasi hitung campuran
Penelitian ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Di Kelas IV SDN 71 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah di kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh, yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah sebanyak 29 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan pre-experimental design. Adapun dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir atau post test. Hasil tes tersebut digunakan untuk melihat bagaimana hasil yang diperoleh siswa dalam memahami materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis serta dilakukan pengujian hipotesis, didapat thitung = 4,312 dan ttabel dengan taraf signifikan ? = 0.05 dan dk = 28 sebesar 1,70, sehingga thitung > ttabel atau 4,312 > 1,70, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK