//

PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA DIKELAS V SD NEGERI 40 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Septriani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODE
SCIENCE - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Metode Pembelajaran Inquiry, Perubahan Sifat Benda Penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Inqury pada materi perubahan sifat benda di Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh” ini mengangkat “Apakah pembelajaran materi perubahan sifat dengan menggunakan metode Inquiry dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas V SDN 40 Banda Aceh?” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Inquiry pada materi perubahan sifat benda di kelas V SD Negeri 40 Banda aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental design jenis one shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh yang berjumlah 20 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi, karena populasinya kurang dari 100. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0.05 dan kriteria pengujian hipotesis tolak H0 jika thitung ≥ ttabel dan terima H0 jika thitung berharaga lain. Hasil pengolahan data di dapat thitung = 5.62 dan ttabel = 1.73. berdasarkan kriteria pengujian menunjukkan thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan metode Inquiry pada materi perubahan sifat benda di kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar. Disarankan kepada peneliti lain untuk menggunakan metode Inquiry karena metode ini dapat memberikan hasil belajar yang optimal khususnya pada materi perubahan sifat benda.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTRNTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIRNPERUBAHAN SIFAT BENDA DI KELAS VRNSDN 12 BANDA ACEH (zulaiha, 2014)

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

“PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA DI KELAS V SD NEGERI 71 BANDA ACEH” (hijrah kafrawi nst, 2014)

PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SD NEGERI 2 LHOKNGA ACEH BESAR (Elinda Yana, 2021)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI WUJUD DAN SIFAT BENDA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1BANDA ACEH (Hanisah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy