//

STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN MUZAKIR MANAF – T A KHALID PADA PILKADA 2017 DI ACEH SELATAN (STUDI PERBANDINGAN ANTARA KECAMATAN PASIE RAJA DENGAN KECAMATAN TAPAKTUAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Afdhal Nasir - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada Pilkada 2017 pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Muzakir Manaf – TA Khalid berhasil mengungguli perolehan suara di Kabupaten Aceh Selatan dengan persentase perolehan suara yang ketat antara tiga pasangan calon yaitu pasangan Muzakir Manaf – TA Khalid (33.26%), Tarmizi A. Karim – T Machsalmina Ali (31.51%), dan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah (31.21%). Sehingga kemenangan dan kekalahan di beberapa kecamatan pun tidak dapat dihindari diantaranya adalah Kecamatan Pasie Raja berhasil dimenangkan dan Kecamatan Tapaktuan yang mengalami kekalahan. Dimana kedua kecamatan tersebut merupakan kecamatan dengan jumlah pemilih yang besar, dengan letak secara geografis berbatasan langsung. Namun perbedaan keduanya sangat terlihat pada perolehan suara Muzakir Manaf – TA Khalid yang di usung oleh Partai Aceh, dimana di Kecamatan Pasie Raja persentase perolehan suara 46,22% dan Kecamatan Tapaktuan dengan persentase perolehan suara 13,9%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemenangan Muzakir Manaf – TA Khalid di Kecamatan Pasie Raja dan Kecamatan Tapaktuan serta faktor-faktor yang menyebabkan Muzakir Manaf – TA Khalid meraih kemenangan di Kecamatan Pasie Raja dan mengalami kekalahan di Kecamatan Tapaktuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Studi lapangan untuk memperoleh data primer yaitu dengan wawancara. Sedangkan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder berdasarkan buku-buku dan bacaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemenangan Muzakir Manaf – TA Khalid yang diterapakan di Kecamatan Pasie Raja dan Kecamatan Tapaktuan diantaranya penguatan internal partai, membangun mesin politik, membangun komunikasi politik dengan tokoh masyarakat, pendekatan langsung dengan masyarakat, membangun citra politik dan penggambaran visi – misi terhadap masyarakat. Faktor-faktor yang menyebabkan Muzakir Manaf – TA Khalid meraih kemenangan di Kecamatan Pasie Raja adalah latar belakang masyarakat yang mendukung dan strategis, faktor kepercayaan masyarakat, figur dan ketokohan mantan anggota GAM, dan hegemoni perjuangan dan ideologi Partai Aceh. Dan faktor-faktor yang menyebabkan Muzakir Manaf – TA Khalid mengalami kekalahan di Kecamatan Tapaktuan adalah latar belakang masyarakat yang tidak mendukung, berkurangnya kepercayaan masyarakat, kompetensi di bidang politik dan pemerintahan, dan masyarakat lebih memilih pasangan Tarmizi A. Karim – T. Machsalmina Ali. Kata Kunci : Strategi Pemenangan, Muzakir Manaf – TA Khalid, Pilkada 2017

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN STRATEGI POLITICAL MARKETING PASANGAN IRWANDI YUSUF - NOVA IRIANSYAH DENGAN MUZAKIR MANAF - TA KHALID PADA PILKADA ACEH 2017 (ANDRI SUSARNO, 2018)

FAKTOR-FAKTOR KEMENANGAN MUZAKIR MANAF-TA KHALID DALAM PEMILIHAN GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 DI ACEH SELATAN (Muhammad Luthfi, 2018)

ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PENCALONAN MUZAKIR MANAF PADA PILKADA ACEH 2017 DI MEDIA HARIAN SERAMBI INDONESIA (Saifannur, 2016)

PERSEPSIMAHASISWAILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENCALONAN MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADAPILKADA TAHUN2017 (T. EVAN AQSHAR, 2016)

STRATEGI RAKAN MUALEM DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 (Ronita Yulia Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy